Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta Untungkan Bisnis Mobil Seken

Rencana pembatasan usia kendaraan pribadi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2023 dinilai akan menguntungkan bisnis mobil bekas.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  14:27 WIB
Model berdiri di samping mobil seken di gerai Mobill 88. - JIBI/Endang Muchtar
Model berdiri di samping mobil seken di gerai Mobill 88. - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana pembatasan usia kendaraan pribadi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2023 dinilai akan menguntungkan bisnis mobil bekas.

Johnny Widodo, CEO BeliMobilGue.co.id mengatakan bahwa rata-rata konsumen akan menjual mobilnya dalam rentang usia 3 tahun hingga 7 tahun.

"Sekarang kalau seandainya di Jakarta diberlakukan pembatasan usia kendaraan maksimal 10 tahun maka konsumen akan jual mobilnya bisa lebih cepat. Impact-nya bagus buat kami [pebisnis mobil bekas]," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, dari hasil pengamatan BeliMobilGue.co.id di mana dalam setahun terdapat sekitar 3,5 juta mobil bekas dan diperkirakan meningkat menjadi sekitar 4,5 juta pada 2020-2023, maka jumlah mobil bekas yang dijual akan bertambah signifikan jika aturan tersebut resmi berlau.

Johnny mengatakan aliran mobil bekas ke daerah-daerah di luar Jakarta sudah terjadi saat ini dan bahkan jauh sebelum rencana aturan pembatasan usia kendaraan.

"Sebelum ada pembatasan usia pun, kalau kita ke luar kota pasti menemukan banyak mobil-mobil tua di sana. Itu berlaku juga di segmen sepeda motor," katanya.

Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan bahwa para pelaku bisnis mobil bekas akan mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

"Terkait pembatasan usia kendaraan [di DKI Jakarta] tentunya positif bagi kami. Nantinya mobil-mobil bekas akan bergeser ke daerah-daerah," ujarnya kepada Bisnis belum lama ini.

Menurutnya, dengan aturan tersebut maka harga jual kendaraan yang mendekati 10 tahun atau bahkan sudah melewatinya akan cenderung turun. Namun, ada kompensasi biaya lain seperti biaya mutasi, perbaikan kendaraan yang mungkin diperlukan karena usia kendaraan yang sudah tua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Bekas pembatasan mobil
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top