Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Nissan Indonesia Hanya Produksi Mobil Datsun

Pabrik Nissan tidak lagi memproduksi seri Livina sejak Februari 2019 berdasarkan data Gaikindo.
ilustrasi/REUTERS
ilustrasi/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrik Nissan tidak lagi memproduksi seri Livina sejak Februari 2019 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Model kendaraan serba guna ini diketetahui diproduksi di pabrikan Mitsubishi yakni PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Data Gaikindo menunjukkan Nissan hanya memproduksi 101 unit New Grand Livina pada semester pertama tahun ini di mana 96 unit pada Januari dan 5 unit pada Mei. Kemudian, 84 unit New X-Trail tercatat diproduksi pada Januari dan tidak berlanjut hingga kini.

Selain itu, dalam catatan Gaikindo juga, seri Livina mendapatkan tanggapan cukup positif yakni terjual 8.050 unit selama enam bulan pertama tahun ini.

Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani mengatakan pabrik NMI hanya memproduksi model LCGC (low cost green car) Datsun.

"Iya [hanya memproduksi Datsun] untuk saat ini," ujarnya melalui pesan singkat kepada Bisnis, Minggu (4/8/2019).

Pabrik NMI diketahui telah memproduksi sebanyak 2.596 unit kendaraan sejak Januari hingga Juni 2019.

Sebaliknya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) justru memastikan akan memproduksi mesin Mitsubishi Xpander pada 2020. Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Takeguchi mengatakan bahwa persiapan produksi mesin Xpander di pabrik Nissan sudah dimulai sejak pengumuman kerja sama di antara keduanya.

"Persiapan produksinya sudah mulai, kami sudah mulai melakukan order untuk beberapa equipment dan dalam tahap persiapan untuk tahun 2020," ujarnya baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper