Honda Tak Risau All New Mazda 3 Ganggu Penjualan

Saat ini persaingan di kelas sedan masih didominasi Honda dan Toyota.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  09:56 WIB
Honda Tak Risau All New Mazda 3 Ganggu Penjualan
Honda Civic - HPM

Bisnis.com, BANDUNG - Kehadiran sejumlah model baru seperti Mazda 3 yang bermain di kelas sedan dinilai tidak akan mengubah banyak peta persaingan di segmen ini.

Honda menyatakan saat ini persaingan di kelas sedan masih didominasi Honda dan Toyota. Hal itu disampaikan oleh Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy.

Dia optimistis baik Honda Accord, Civic, dan City masih mendominasi pasar sedan di Indonesia.

"Sudah lama terjadi seperti itu [pasar sedan didominasi Honda dan Toyota]. Jadi kalau pasar semakin ramai dengan produk baru di luar itu ya bagus tapi tidak akan mengganggu penjualan kami," ujarnya di Karawang, Selasa (23/7/2019).

Namun, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) berkata lain. Data menunjukkan pada semester I/2019 penjualan sedan mencapai 2.286 unit di mana Honda diketahui hanya memasarkan 426 unit di segmen tesebut atau berkontribusi 18,6% dari total penjualan sedan atau tertinggal tipis dari BMW.

BMW tercatat berhasil membukukan penjualan 471 unit pada periode yang sama atau berkontribusi sekitar 20,6% dari total penjualan sedan di paruh pertama 2019.

Toyota memang masih memimpin pasar sedan dengan keberhasilan memasarkan 1.291 unit atau berkontribusi 56,4% dari total pasar. Adapun Mazda sukses mengirimka 41 unit sedannya kepada konsumen atau berkontribusi sekitar 1,8% dari total penjualan sedan.

Sementara itu, keputusan Mazda meluncurkan All New Mazda 3 dalam dua jenis kendaraan yakni sedan dan hatchback bertujuan untuk menggaet konsumen kelas menengah atau medium.

Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Roy Arman Arfandy memprediksi jenis hatchback akan lebih mendominasi penjualan.

"Pajak sedan di sini kan masih tinggi. Jadi kalau bicara rasio mungkin dua banding satu dengan dominasi hatchback," katanya belum lama ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
honda prospect motor, GIIAS 2019

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top