Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIIAS 2019 Bisa Dongkrak Kinerja Industri Otomotif Tahun Ini

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 digelar mulai hari ini, Kamis (18/7/2019) hingga Minggu (28/7/2019).
Deretan mobil baru  di terminal mobil, di Pelabuhan Tanjung Priok./JIBI-Nurul Hidayat
Deretan mobil baru di terminal mobil, di Pelabuhan Tanjung Priok./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 digelar mulai hari ini, Kamis (18/7/2019) hingga Minggu (28/7/2019). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini diharapkan menjadi momentum untuk mengatrol kinerja industri.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura optimistis dapat mengejar target penjualan pada tahun ini yang dipatok naik 5% dibandingkan realisasi tahun 2018.

Salah satunya penopangnya ialah adanya pameran GIIAS yang menjadi momen penting bagi berbagai merek dan konsumen.

Dia berharap, pasar otomotif bisa kembali membaik untuk mengejar ketertinggalan pada semester I/2019. Apalagi, Mitsubishi telah dan akan memulai memasarkan tiga produk baru termasuk kendaraan listrik.

"Saya masih optimis ada GIIAS dan diharapkan penjualan bisa recover," ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Sebelumnya, Anton Jimmy Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan, pasar otomotif pada semester I/2019 masih tertekan. Walaupun demikian, Toyota dengan berbagai aktivitas marketing pada kuartal II/2019 dapat meningkatkan pangsa pasar.

"Ada dampak dari program kami seperti DP dan cicilan ringan itu membantu sekali. GIIAS nanti ada rilis produk, jadi kesempatan untuk mengkomunikasikan merek Toyota," ujarnya.

Anton berharap, pasar otomotif paruh kedua bisa memperbaiki penjualan yang tertetkan pada semester pertama. Penjualan pada tahun ini diharapkan minimal sama dengan capaian tahun lalu yang mencapai 1,1 juta unit.

Penjualan kendaraan pada semester I/2019 melambat 13,04% dibandingkan periode yang sama 2018. Penurunan penjualan itu terjadi hampir pada semua merek sehingga baru baru merealisasikan 43,78% dari target penjualan sebanyak 1,1 juta unit tahun ini.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah Astra Internasional menyebutkan penjualan pada semester I/2019 sebanyak 481.577 unit, sedangkan pada paruh pertama 2018 sebanyak 553.773 unit. Sama seperti tahun lalu, penurunan penjualan terjadi cukup dalam pada Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper