Standar Emisi Dinaikkan, Dealer Mobil di China Kelimpungan

Banyak pelaku usaha otomotif di China kelimpungan berhubungan dengan tenggat waktu penjualan mobil dengan standar lama yang diharuskan pada 30 Juni kemarin.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  10:40 WIB
Standar Emisi Dinaikkan, Dealer Mobil di China Kelimpungan
Calon pembeli sedan memeriksa mobil di sebuah dealer di Shanghai, China. - Foto Blooomber

Bisnis.com, SHANGHAI - Banyak pelaku usaha otomotif di China kelimpungan akibat diberlakukannya tenggat waktu penjualan mobil dengan standar lama pada 30 Juni kemarin.

Ron Li, pegawai dealer Buick yang bermarkas di Shanghai, tampak kebingungan. Waktu itu, masih April, dia mengalami kesulitan untuk melego produk yang masih tersimpan di diler.

Isi diler tersebut, sebagian besar merupakan mobil dengan menggunakan standar emisi 5, sebagaimana aturan di China. Namun, Ron Li harus cepat menjual hampir 80 sedan dan kendaraan sport sebelum 30 Juni.

Dikutip dari Reuters, Selasa (2/6/2019), Pemerintah China telah memutuskan bahwa mobil dengan standar emisi 5, harus habis dari peredaran penjualan pada akhir bulan lalu. Setelah itu, hanya kendaraan yang memenuhi standar baru yang dapat dijual.

Penuturan Li, konsumen tetap mendatangi dealer. Akan tetapi, mereka tidak lagi melirik produk dengan standar emisi 5.

“Pelanggan tidak tahu berapa lama mereka bisa mengendarai mobil dengan standar emisi China-5 atau apakah mereka akan bisa menjualnya kembali di masa depan. Dan jujur saja, kami juga tidak tahu," ujar Li kepada Reuters.

Untuk mengatasinya, dealernya pada Mei lalu, memangkas harga kendaraan standar emisi tahap-5 sebanyak 30%. Tak cuma dealer tempat Li bekerja, hampir seluruh dealer yang masih menimbun produk dengan standar emisi 5, mengambil langkah diskon besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemerintah China telah menaikan standar emisi, menjadi standar 6. Hal itu didorong oleh pemerintah pusat yang ingin memerangi kabut asap polusi, Shanghai adalah salah satu dari 15 kota dan provinsi untuk menerapkan standar tahap-6 baru sebelum kebijakn nasional berlaku menyeluruh pada 1 Juli 2020.

Penelusuran Reuters mendapati pengakuan karyawan di sekitar 20 diler di Shanghai, Beijing dan Provinsi Jiangsu dan Zhejiang, yang telah mengadopsi penerapan standar baru, bahwa menjual mobil dengan standar emisi 5, kini terlalu sukar.

Beberapa dealer menawarkan diskon lebih dari US$2.000 dibandingkan dengan model yang sama yang memenuhi standar tahap-6. Satu dealer Peugeot di Shanghai bahkan menawarkan mobil compact 301 gratis bagi pelanggan yang membeli 5008 SUV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Standar Emisi

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top