Mudik Lebaran, Dua Komponen Mobil yang Sering Lalai Dicek

Sejumlah masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan momentum libur Lebaran 2019 untuk bepergian dengan kendaraan pribadi mereka walaupun melupakan dua komponen mobil yang harus mendapatkan perhatian saat menempuh perjalanan jauh.
Mudik Lebaran, Dua Komponen Mobil yang Sering Lalai Dicek Fatkhul Maskur | 02 Juni 2019 23:27 WIB
Mudik Lebaran, Dua Komponen Mobil yang Sering Lalai Dicek
Bengkel Suzuki. - SUZUKI.Co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan momentum libur Lebaran 2019 untuk bepergian dengan kendaraan pribadi mereka walaupun melupakan dua komponen mobil yang harus mendapatkan perhatian saat menempuh perjalanan jauh.

Kepala Seksi Administrasi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto, mengatakan bahwa 80 persen persoalan mobil pribadi terletak pada suku cadang aki dan kampas kopling, terutama jika mobil dibawa sebagai kendaraan mudik Lebaran.

"Pada tahun lalu, kami mencatat masalah utama adalah aki yang drop dan permasalahan kedua itu ada pada kampas kopling yang habis," kata Totok beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kerusakan komponen aki, menurut Totok, terjadi karena kebiasaan pengemudi yang lupa mematikan lampu saat beristirahat sehingga menyebabkan daya baterai aki menjadi turun.

"Jika hendak beristirahat, kami mengingatkan kepada konsumen untuk tidak lupa mematikan lampu. Kondisi lampu mati saat berhenti untuk istirahat dan pada saat mesin tidak menyala," katanya.

Selain aki, kopling yang cepat habis juga menjadi permasalahan besar bagi pemudik. Kerusakan komponen kopling itu muncul karena ketidakpiawaian pengemudi saat melintasi jalur menanjak.

"Pengemudi menggantung kopling pada jalur menanjak yang seharusnya gunakan saja posisi netral dan injak rem. Posisi netral dan injak rem itu akan membuat kopling lebih awet," ujar Totok.

Totok menyarankan para pemilik kendaraan pribadi yang akan memakai mobil mereka untuk mudik perlu selalu memeriksa kondisi dua komponen itu sehingga ke-aus-an dapat terdeteksi lebih awal.

"Bagi para konsumen, kami mengingatkan sebelum mudik untuk tidak malas datang ke bengkel resmi kami untuk.pengecekan 33 komponen yang wajib diperiksa," katanya.

Suzuki pun menyiapkan 162 derek (towing) yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membantu para pemilik mobil asal Jepang itu yang menemui masalah dalam perjalanan mudik mereka.

PT SIS juga menyediakan posko siaga mudik yang terletak di Rest Area KM 102 Tel CipaIi-Jawa Barat, Jl. lend. Sudirman, Cikampek-Jawa Barat, dan ll. Raya Denpasar-Gilimanuk, Jembrana-Bali pada 29 Mei hingga 4 juni 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bengkel mobil, Bengkel Suzuki

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top