Kenali Bahan Pelapis Jok Mobil & Cara Perawatannya

Bahan pelapis jok mobil beragam, ada genuine leather, synthetic leather, dan soft fabric. Sangat penting untuk mengenali bahan pelapis jok mobil Anda agar tidak salah dalam perawatannya.
Sandi Purnomo
Sandi Purnomo - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  20:12 WIB
Kenali Bahan Pelapis Jok Mobil & Cara Perawatannya
Jok mobil - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Jok mobil menjadi satu elemen penting yang turut menentukan kenyamanan berkendara dan estetika pada interior mobil.

Namun, jok mobil sangat rawan kotor dan rusak karena banyak hal. Serpihan makanan, tumpahan air minum, abu rokok, bahkan jika Anda sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari dapat menyebabkan warna jok cepat pudar.

Bahan pelapis jok mobil beragam, ada genuine leather, synthetic leather, dan  soft fabric. Sangat penting untuk mengenali bahan pelapis jok mobil Anda agar tidak salah dalam perawatannya. Nissan Indonesia pada websitenya menjelaskan cara merawat jok mobil sesuai dengan bahan pelapisnya.

Genuine Leather

Mobil-mobil premium pasti menggunakan kulit asli pada joknya. Ketika jok terkena noda atau kotor, gunakan vacuum cleaner, setelah itu usap permukaan jok menggunakan plas chamois yang sudah lembap.

Bisa juga semprotkan atau tuangkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi. Setelah itu, keringkan bagian tersebut dengan lap microfiber bersih sebelum cairan pembersih tersebut mengering.

Synthetic Leather

Untuk bahan sintetis biasanya harus dibersihkan dengan obat pembersih khusus. Apabila tidak memiliki obat pembersih khusus, gunakan shampoo atau pembersih kaca. Tetapi, jangan menggunakan detergen atau alkohol karena akan merusak jok berbahan sintetis.

Soft Fabric

Bahan soft fabric bisa ditemukan di berbagai jenis mobil. Untuk membersihkan debu dan kotoran cukup gunakan vacuum cleaner, lalu semprotkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, selanjutnya sikat perlahan menggunakan sikat gigi searah permukaan.

Bila sudah bersih, keringkan jok dengan cara melepas jok dan menjemurnya tidak langsung di bawah sinar matahari langsung. Bisa juga Anda mengeringkannya dengan membuka semua pintu mobil.

Melakukan perawatan jok mobil tidaklah sulit karena bahan dan alat yang digunakan sangat mudah ditemui.  Perawatan jok mobil dapat dilakukan sendiri dengan jangka waktu minimal dua bulan sekali. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mobil

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top