Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2019 Jadi Momentum Kerek Penjualan Otomotif

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang dijadwalkan berlangsung pada 25 April--5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran digadang menjadi momentum tancap gas para pelaku otomotif setelah penjualan sedikit lesu pada awal tahun ini.
Suasana IIMS 2018. /Bisnis.com
Suasana IIMS 2018. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang dijadwalkan berlangsung pada 25 April--5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran digadang menjadi momentum tancap gas para pelaku otomotif setelah penjualan sedikit lesu pada awal tahun ini.

Penyelenggara IIMS 2019, PT Dyandra Promosindo mengatakan, pada tahun ini agen pemegang merek (APM) melakukan langkah berbeda dengan memperkenalkan produk sebelum IIMS sehingga pembelian dapat dilakukan pada saat pameran.

"IIMS itu jualan. Kalau lihat sekarang APM itu memperkenalkan produk itu awal tahun, atau sebulan sebelum IIMS sehingga diketahui masyarakat. Nah, pada saat IIMS tinggal beli," ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo belum lama ini.

Penyelenggara menargetkan transaksi selama IIMS 2019 bisa menembus Rp4,4 triliun dengan jumlah pengunjung sebanyak 530.000 orang. Target itu tergolong moderat karena hampir sama dengan relasisasi tahun lalu.

Beberapa APM telah menyatakan akan memperkenalkan produk baru atau varian pada ajang pameran tersebut. APM lainnya masih merahasiakan guna memberikan kejutan bagi konsumen Tanah Air.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) misalnya mengaku menyiapkan produk baru pada IIMS 2019. "Pasti [ada produk baru]," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM kepada Bisnis, Selasa (9/4).

Pada tahun ini, Toyota berencana memperkenalkan enam produk baru, di mana pada awal tahun telah lebih dahulu dirilis dua kendaraan yakni All New Camry dan New Avanza & Veloz

DFSK dan Hyundai menjadi dua APM lain yang telah resmi menyatakan akan memperkenalkan secara resmi produk baru pada IIMS. DFSK akan memperkenalkan Glory 560, sedangkan Hyundai akan memperkenalkan Hyundai Kona. Glory 560 merupakan sport utility vehicle (SUV) 7 penumpang yang menyasar konsumen yang aktif bekerja dan bepergian bersama keluarga. SUV terbaru DFSK ini menyasar lebih banyak segmen karena dirancang untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobil Frans Wang mengatakan, Glory 560 akan tersedia dalam tiga varian dengan dua pilihan transmisi. Harga yang ditawarkan akan berkisar antara Rp210 juta hingga Rp270 juta on the road Jabodetabek.

“Detailnya nanti ketika peluncuran resmi pada IIMS 2019," ujarnya

DFSK sendiri optimis Glory 560 akan berkontribusi besar terhadap target penjualan DFSK yang ditetapkan sebanyak 12.000 unit pada tahun ini.

Hal yang sama juga datang dari PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Kehadiran Hyundai Kona diklaim untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan SUV yang kenyamanan berkendara, fitur mumpuni, dan teknologi terkini. Hyundai Kona hadir karena konsumen kelas menengah dan segmen SUV yang meningkat.

“Hyundai Kona akan resmi diluncurkan pada ajang IIMS 2019.Peluncuran itu sebagai jawaban atas kebutuhan pasar masyarakat Indonesia yang menginginkan kenyamanan berkendara, fitur, dan teknologi terkini," ujar Hendrik Wiradjaja, Direktur Deputi Pemasaran HMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper