Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laris Manis, New Avanza Butuh Waktu Tunggu 1,5 Bulan

Auto2000 sebagai salah satu dealer penjualan Toyota mengaku fokus untuk berupaya mempersingkat waktu tunggu untuk pemesanan Avanza ketimbang memikirkan produk dan promosi kompetitor. Pasalnya, saat ini pembelian Avanza di Auto2000 untuk beberapa tipe masih butuh waktu tunggu antara 1,5 bulan hingga 2 bulan.
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Auto2000 sebagai salah satu dealer penjualan Toyota mengaku fokus untuk berupaya mempersingkat waktu tunggu untuk pemesanan Avanza ketimbang memikirkan produk dan promosi kompetitor. Pasalnya, saat ini pembelian Avanza di Auto2000 untuk beberapa tipe masih butuh waktu tunggu antara 1,5 bulan hingga 2 bulan.

Executive Officer Auto2000 T. Martogi Siahaan mengatakan, respon konsumen kepada Grand New Avanza sangat baik dan akan berupaya menghadirkan kendaraan ke tangan konsumen lebih cepat lagi. Auto2000 optimistik Avanza baru akan tetap menjadi penopang walaupun muncul produk lain pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

"Respon konsumen cukup baik untuk Avanza baru. Dengan banyak kompetitor, konsumen tetap percayakan LMPV pada Avanza. Kami optimis dengan Avanza bersama Rush, dan Innova akan jadi backbone," ujarnya di sela-sela acara 'Auto200 Memperkenalkan Tasia, Chatbot Otomotif Pertama di Indonesia, Sebagai Virtual Assistant Pelanggan 24 Jam' di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Martogi berpendapat, kompetisi merupakan suatu yang baik untuk pasar sehingga Auto2000 dituntut untuk berinovasi dari sisi pelayanan. Dia mengaku diskon dan lainnnya merupakan suatu yang normal untuk mengerek penjualan. "Tetap ada [diskon] di Auto200, datang ke cabang kami ada 124, normal saja," paparnya.

Seperti diketahui, pasar segmen LMPV merupakan segmen yang paling menggiurkan sekaligus paling ketat dari sisi persaingan mulai dari produk hingga layanan purnajual.

Sejauh ini, pasar LMPV telah dihuni oleh sedikitnya delapan model dari tujuh produsen otomotif. Tahun lalu, persaingan paling ketat terjadi antara Avanza dan Xpander, LMPV bersutan Mitsubishi Motors. Avanza masih menjadi raja LMPV pada 2018 disusul oleh Xpander.

Peta pesaingan tahun ini pun diprediksi bakal makin ketat karena Nissan dipastikan akan segera memperkenalkan produk LMPV dalam waktu dekat. Nissan disebut-sebut mengembangkan LMPV dengan basis Xpader sebagai bagian dari aliansi global Renault, Nissan, dan Mitsubishi.

Kabar kehadiran LMPV Nissan sudah ramai dibicarakan di media sosial karena telah mobil besutan Nissan itu tertangkap gambar sedang melakukan uji coba. Mitsubishi Motors sebelumnya juga telah menyebut Nissan tengah mempersiapkan kembaran Xpander.

Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani mengatakan, NMI memiliki rencana jangka menengah yang kuat di mana salah satunya ialah peluncuran produk baru di mana model multipurpose vehicle (MPV) termasuk di dalamnya.

"Kami tidak bisa berkomentar soal rumor. Kami punya rencana jangka menengah yang kuat di mana salah satunya adalah peluncuran produk-produk baru, salah satunya adalah MPV baru," ujarnya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper