Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Politik, Tren Belanja Kendaraan di Auto2000 Masih Stabil

Auto2000 menyebutkan penjualan mobil Toyota masih bergerak stabil meski telah memasuki tahun politik. Auto2000 melihat tidak terjadi tren seperti tahun politik sebelumnya yang mana terjadi belanja unit dalam jumlah banyak atau sebaliknya penundaan belanja kendaraan.
Papar Dealer Auto2000. /Bisnis.com
Papar Dealer Auto2000. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Auto2000 menyebutkan penjualan kendaraan Toyota masih bergerak stabil meski telah memasuki tahun politik. Auto2000 melihat tidak terjadi tren seperti tahun politik sebelumnya yang mana terjadi belanja unit dalam jumlah banyak atau sebaliknya penundaan belanja kendaraan.

Executive Officer Auto2000 T. Martogi Siahaan mengatakan, pada tahun politik lalu, sempat terjadi pembelian sewaktu-waktu oleh partai atau juga sebaliknya konsumen menahan belanja. Tahun ini, menurutnya, tidak terjadi pola tersebut di mana belum terjadi pembelian dalam jumlah besar ataupun penundaan belanja.

"Tahun ini tidak ada pembelian cukup gede secara tiba-tiba tapi juga tidak ada yang ngerem juga dari konsumen. Gak ada pola yang dulu itu, normal saja," ujarnya di sela-sela acara 'Auto200 Memperkenalkan Tasia, Chatbot Otomotif Pertama di Indonesia, Sebagai Virtual Assistant Pelanggan 24 Jam' di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Seperti diketahui, pada tahun ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan akan sama dengan tahun lalu karena tahun politik yang kemudian disusul oleh peristiwa lebaran dan libur sekolah.

Martogi menyebutkan, faktor paling dominan yang akan berdampak pada penjualan ialah peristiwa lebaran. Auto2000 akan fokus untuk menyiapkan ketersediaan produk jelang moment besar keagamaan itu.

"Kami melihat peluang kemungkinan yang akan berdampak ke pembelian itu lebaran. Kami siapkan untuk kondisi Lebaran. Untuk pemilu enggak signifikan turun atau naik juga," tambahnya.

Martogi melanjutkan, tahun lalu kinerja penjualan paling tinggi di Auto2000 berasal dari wilayah Sumatra. Model paling laris untuk Toyota yang dipasarkan oleh Auto2000 ialah Avanza, Calya, Rush, Agya dan Innova.

"Kinerja paling tinggi di wilayah Sumatra," jelasnya.

Adapun, saat ini Auto2000 memiliki 124 dealer dan akan terus menambah jumlah authorized dealer. Dalam waktu dekat, Auto2000 akan memperkenalkan dua dealer lagi yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian akhir.

Selain menambah dealer, Auto200 juga berencana melakukan penyegaran pada sejumlah dealer untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen.

"Akan ada 2 dealer yang segera kami perkenalkan. Kami sedang dalam proses pembangunan cabang. Kemudian ada penyegaran juga untuk cabang dari sisi fitur," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper