Mercedes-Benz Cars Bangun Pabrik Baterai ke-9 di Jawor, Polandia

Dalam rangka inisiatif listrik, Mercedes-Benz Cars akan membangun pabrik baterai di lokasi pemolesan di Jawor, Polandia, dan dengan demikian memperluas jaringan produksi baterai global hingga menjadi sembilan pabrik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  08:55 WIB
Mercedes-Benz Cars Bangun Pabrik Baterai ke-9 di Jawor, Polandia
Markus Schfer, Anggota Dewan Divisi Manajemen Mercedes-Benz, Rantai Produksi dan Pasokan; dan Mateusz Morawiecki, Perdana Menteri Polandia, mengumumkan pabrik baterai baru untuk Mercedes-Benz di situs Polandia di Jawor. - DAIMLER

Bisnis.com, STUTTGART - Dalam rangka inisiatif listrik, Mercedes-Benz Cars akan membangun pabrik baterai di lokasi di Jawor, Polandia, dan dengan demikian memperluas jaringan produksi baterai global hingga menjadi sembilan pabrik.

“Kami akan unjuk portofolio lengkap hingga 2022 dan akan dapat menawarkan di setiap segmen berbagai alternatif mobil berlistrik kepada pelanggan kami. Ini termasuk lebih dari 10 kendaraan listrik murni,” kata Markus Schäfer, Anggota Dewan Manajemen Divisi Mobil Mercedes-Benz, Produksi dan Rantai Suplai, dalam keterangan pers, Selasa (22/1/2019)

Mercedes-Benz akan memproduksi baterai sendiri, karena komponen ini dianggap sebagai faktor penentu keberhasilan di era mobilitas listrik. Setelah produksi mesin berteknologi tinggi, Mercedes-Benz akan membangun teknologi masa depan tambahan di Polandia.

Pabrik baterai di Jawor adalah investasi terbesar kedua di situs Mercedes-Benz.

Di Jawor, sekitar 100 km dari perbatasan Jerman, sebuah pabrik mesin canggih sedang dibangun. Pabrik akan menghasilkan empat mesin silinder untuk kendaraan hibrida dan yang digerakkan secara konvensional. Ini akan menjadi tempat produksi pertama Mobil Mercedes-Benz di Polandia dan akan menawarkan lebih dari 1.000 pekerjaan.

Mateusz Morawiecki, Perdana Menteri Republik Polandia, mengatakan bahwa keputusan Mercedes-Benz Cars untuk memulai produksi baterai listrik untuk kendaraan jenis baru di Jawor menunjukkan bahwa perusahaan telah mulai beroperasi di negara ini, secara positif menilai iklim investasi, dan ingin terus tumbuh di sini.

"Kami menyaksikan revolusi industri 4.0 di mana Polandia memainkan peran utama. Terlebih lagi kami senang bahwa di Jawor akan diproduksi tidak hanya mesin tradisional, tetapi juga jantung mobil masa depan, yaitu baterai listrik,” kata Morawiecki.

Produksi mesin di Jawor akan dimulai pada 2019 dan memasok pabrik mobil Mercedes-Benz di Eropa dan di seluruh dunia. Pembangunan pabrik baterai ini diperkirakan akan menciptakan sekitar 300 pekerjaan baru.

Unit baterai akan dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Seri produksi baterai untuk kendaraan produk dan merek teknologi EQ dijadwalkan pada awal dekade berikutnya.

Frank Deiß, Kepala Produksi Powertrain Mercedes-Benz Cars, mengatakan bahwa pabrik mesin dan pabrik baterai baru di Jawor adalah bagian penting dari jaringan produksi powertrain global Mercedes-Benz. Dengan sembilan pabrik di jaringan produksi baterai global, Mercedes-Benz berada di posisi yang sangat baik.

"Menjadi jelas bahwa membangun pabrik mesin di Jawor merupakan keputusan yang bagus. Kisah sukses ini akan dilanjutkan dengan pabrik baterai. Kami berharap dapat memperkuat kolaborasi dengan kawasan ini dan rekan-rekan Polandia, ” kata Frank Deiß.

Mercedes-Benz menjadi perusahaan industri pertama dan terbesar di Polandia yang telah menandatangani kontrak dengan pemasok listrik dan panas lokal. Pabrik mesin serta pabrik baterai akan disuplai dengan energi netral-CO2. Dengan demikian, dalam jaringan produksi global Mercedes-Benz Cars, Jawor adalah salah satu pelopor.

Jaringan Produksi Baterai Global

Daimler menginvestasikan lebih dari 1 miliar euro dalam jaringan produksi baterai global, di dalam organisasi produksi Mercedes-Benz Cars di seluruh dunia.

Saat ini jaringan produksi baterai terdiri dari delapan pabrik di enam lokasi di tiga benua:

  • Kamenz. Produksi baterai di tempat ini telah berjalan sejak 2012. Selain itu pabrik baterai kedua sedang dibangun di situs ini. Adapun produksi seri akan dimulai pada musim semi 2019.
  • Untertürkheim. Di pabrik Mercedes-Benz di Untertürkheim, dua pabrik baterai direncanakan.
  • Yizhuang. Saat ini Daimler dan mitra Patungan-Usaha BAIC bersama-sama sedang membangun produksi baterai lokal di lokasi yang ada di Yizhuang Industrial Park di Peking (China).
  • Tuscaloosa. Di dekat pabrik SUV Mercedes-Benz yang ada di Tuscaloosa (AS) pekerjaan konstruksi sebuah pabrik baterai baru-baru ini telah dimulai.
  • Bangkok. Bersama dengan mitra lokal, Thonburi Automotive Assembly Plan (TAAP) sedang membangun produksi baterai di Bangkok (Thailand).
  • Sindelfingen. Di lokasi mobil Mercedes-Benz di Sindelfingen direncanakan pabrik baterai baru.
  • Jawor. Merupakan pabrik baterai ke sembilan dari jaringan produksi baterai global Mercedes-Benz Cars di tujuh lokasi di tiga benua.

Pembelian Sel Amankan Teknologi Terbaik

Kecerdasan baterai terintegrasi dalam sistem keseluruhan yang sangat kompleks. Oleh karena itu Daimler berkonsentrasi pada kompetensi utama unit baterai. Sel adalah komponen penting dari baterai.

Daimler membeli sel di pasar dunia dan menginstruksikan pemasok untuk memproduksi berdasarkan spesifikasi khusus. Dengan cara ini, perusahaan mengamankan sendiri teknologi terbaik yang ada.

Dengan pembelian sel baterai selama lebih dari 20 miliar euro, perusahaan ini membangun prasyarat untuk perubahan yang konsisten menuju masa depan listrik.

Sel-sel akan digunakan dalam armada listrik dari mobil pintar, SUV, van, bus dan truk (versi tugas ringan dan berat) serta kendaraan generasi berikutnya dari produk dan merek teknologi EQ.

Operasi Mercedes-Benz Cars

Operasional Mercedes-Benz Cars bertanggung jawab atas produksi mobil penumpang di lebih dari 30 lokasi di seluruh dunia. Dua dari mereka saat ini sedang dibangun.

Dalam jaringan produksi yang fleksibel dan efisien dengan sekitar 78.000 karyawan, ini mencakup fungsi sentral perencanaan produksi, Tecfactory, logistik, dan kualitas.
Jaringan ini didasarkan pada arsitektur produk penggerak roda depan (mobil kompak) dan penggerak roda belakang (misalnya S-Class, E-Class, dan C-Class), serta arsitektur SUV dan mobil sport. Selain itu, ada senyawa produksi powertrain (mesin, transmisi, gandar dan komponen).

Masing-masing senyawa produksi dikelompokkan di sekitar pabrik timah yang berfungsi sebagai pusat kompetensi untuk peningkatan produk baru, teknologi, dan jaminan kualitas. Mobil Mercedes-Benz siap untuk mobilitas listrik: Di seluruh dunia hub elektro untuk produksi kendaraan listrik dan baterai sedang dibangun.

Fokus pekerjaan sehari-hari adalah pada peningkatan dan penyempurnaan berkelanjutan dari metode produksi canggih, yang memungkinkan kendaraan berteknologi tinggi di masa depan diproduksi dengan cara yang efisien, fleksibel dan ramah lingkungan, menurut dengan standar kualitas Mercedes-Benz.

Semua ini berputar di sekitar karyawan dan keahlian mereka, yang pekerjaannya secara sistematis didukung oleh desain tempat kerja yang ergonomis dan otomatisasi cerdas. Selain pabrik produksinya sendiri, Mercedes-Benz semakin meningkatkan kemitraan dan memanfaatkan kapasitas produsen kontrak sebagai bagian dari strategi pertumbuhannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pabrik Baterai

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top