Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Tipe Kendaraan Bermotor 2018 Alami Penurunan

Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor mencatat uji tipe yang dilakukan terhadap kendaraan bermotor di dalam negeri pada 2018 lebih rendah 9,28% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Uji Tipe Mobil. /Gaikindo
Uji Tipe Mobil. /Gaikindo

Bisnis.com, JAKARTA—Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor mencatat uji tipe yang dilakukan terhadap kendaraan bermotor di dalam negeri pada 2018 lebih rendah 9,28% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kepala BPLJSKB Caroline Noorida Aryani mengungkapkan, jumlah kendaraan bermotor mobil yang diuji oleh balai sebanyak 567 tipe hingga 28 Desember 2018, sementara itu kendaraan yang diuji tipe sebanyak 625 tipe sepanjang 2017.

Menurutnya, jumlah kendaraan-kendaraan yang diuji tipe tersebut adalah kendaraan-kendaraan yang sebelumnya telah diproduksi (current production) dan belum pernah diproduksi.

Current [Produksi] termasuk di data tersebut,” kata Caroline kepada Bisnis.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak memprediksi kenaikan atau kenaikan jumlah kendaraan bermotor baru yang diuji tipe. Akan tetapi, lanjutnya pabrikan akan melihat kondisi pasar untuk meluncurkan atau tidak kendaraan baru.

Pada 2018, pemerintah menerapkan standar emisi atau gas buang kendaraan bermotor mobil dengan mesin bensin harus sesuai dengan Euro 4.

Mobil penumpang merupakan yang terbanyak diuji tipe oleh balai sepanjang tahun ini, yakni 283 tipe. Tidak hanya itu, kendaraan penumpang juga menjadi satu-satunya yang tercatat diuji lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang tahun lalu, balai mencatat, kendaraan bermotor mobil penumpang yang diuji tipe mencapai sebanyak 261 unit atau lebih banyak 22 unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun ini.

Adapun tipe mobil yang paling banyak diuji sampai 28 Desember 2018 adalah sport utility vehicle (SUV).

Untuk diketahui, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dilihat Bisnis, penjualan kendaraan ke dealer kendaraan bermotor mobil sepanjang Januari—November tahun ini sebanyak 1.063.464 unit atau lebih tinggi 7,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kendaraan tipe 4x2 tercatat menjadi yang terbanyak didistribusikan ke dealer-dealer dibandingkan dengan kategori lainnya. Gaikindo mencatat, wholesales kendaraan bermotor mobil tipe 4x2 sebanyak 585.732 unit atau sekitar 55,1%.

Dari total kendaraan tipe 4x2 tersebut, kendaraan dengan kubikasi mesin hingga 1.500 cc menjadi yang terbanyak, yakni 457.260 unit atau sekitar 43%. Kemudian, 1.501 cc – 2.500 cc sebanyak 127.481 unit.

Sepanjang tahun ini, Gaikindo memperkirakan penjualan kendaraan bermotor mobil berada pada kisaran 1,1 juta unit. Sementara penjualan kendaraan pada tahun depan diperkirakan tidak jauh berbeda dengan sepanjang 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper