Datsun Garap Pasar Anak Muda

Datsun Indonesia gencar mendekatkan produk ke konsumen khususnya segmen anak muda dan berjiwa muda. Selain melalui beragam produk, Datsun juga fokus menggarap layanan purnajual untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Thomas Mola | 26 November 2018 05:30 WIB
Model berpose di dekat mobil Datsun Go pada peluncurannya di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--Datsun Indonesia gencar mendekatkan produk ke konsumen khususnya segmen anak muda dan berjiwa muda. Selain melalui beragam produk, Datsun juga fokus menggarap layanan purnajual untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata mengatakan, Datsun saat ini sangat fokus untuk mendekatkan produk ke konsumen yang menjadi target market yakni orang muda. Salah satunya dengan cara meningkatkan layanan purnajual sehingga meningkatkan kepuasan konsumen.

"Spesifik untuk target penjualan saya tidak bisa memberikan komentar. Namun, Datsun saat ini fokus pada segmen target konsumen kami maka kami berupaya meningkatkan purnajual," ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Adapun, Datsun bersama Nissan mengembangkan jaringan penjualan dan purnajual secara bersama-sama. Tercatat total jumlah diler Nissan Datsun pada tahun ini telah melebihi 100 diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan retail Datsun pada 10 bulan pertama tahun ini sebayak 8.390 unit. Pencapaian itu turun 18,6% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017. Jika diteliti, penjualan Datsun perlahan menyusut setelah melewati periode triwulan pertama 2018.

Kendati demikian, dari sisi pengiriman kendaraan ke diler (wholesales), Datsun masih mencatatkan peningkatan sebesar 11,5% atau setara dengan 9.701 unit pada 10 bulan pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun 2017. Capaian itu membuat Datsun hingga Oktober telah meraih 1% pangsa pasar otomotif nasional.

Produk Datsun yang banyak diminati ialah Datsun Go pada segmen low cost green car (LCGC) dan Datsun Cross pada segmen kendaraan perkotaan. Adapun, Datsun Cross merupakan model baru yang mulai dipasarkan pada Maret 2018.

Sebelumnya, Deputy Director Head of Datsun Indonesia PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Masato Nakamura mengatakan, Datsun dalam menghadirkan produk selalu melihat dari perspektif konsumen dan pertimbangan harga. Segmen LCGC akan tetap digarap sambil melakukan diversifikasi produk untuk segmen di atas LCGC.

Dia menjelaskan, kehadiran produk di atas kelas LCGC lahir dari permintaan konsumen yang menginginkan kendaran dengan fitur yang lebih baik. Datsun, klaimnya, berupaya menghadirkan produk dengan harga yang kompetitif tetapi berkualitas. "Kami ingin konsumen kami puas dari sisi produk maupun layanan purnajual."

Tag : Datsun Cross
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top