BI7DRR Naik, Honda : Saat Ini Tepat Beli Kendaraan

PT Honda Prospect Motor (HPM) menilai, langkah bank sentral menaikkan suku bunga acuan akan berdampak pada peningkatan bunga pembiayaan mobil. Oleh karena itu, saat ini dinilai tepat untuk membeli kendaraan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 November 2018  |  23:10 WIB
BI7DRR Naik, Honda : Saat Ini Tepat Beli Kendaraan
Pembeli all-new Honda Brio. - HPM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) menilai, langkah bank sentral menaikkan suku bunga acuan akan berdampak pada peningkatan bunga pembiayaan mobil. Oleh karena itu, saat ini dinilai tepat untuk membeli kendaraan.

"Saat ini merupakan waktu untuk membeli kendaraan karena bunga leasing belum naik dan terdapat berbagai insentif yang diberikan kepada konsumen. Tahun depan rasanya bunga leasing sudah akan bergerak naik,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Selasa (10/11/2018).

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14-15 November 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,75%.

PT Honda Prospect Motor memperkirakan kenaikan suku bunga pembiayaan kendaraan bermotor mobil akan memengaruhi penjualan kendaraan mobil di dalam negeri 5%—10%.

Jonfis mengungkapkan besar pengaruh tersebut dengan catatan terdapat faktor lainnya seperti nilai tukar rupiah, nilai kendaraan, dan sebagainya yang turut memengaruhi besarnya penurunan atau sebaliknya.

“Kami perkirakan kenaikan suku bunga sudah di atas 3%, maka mulai berpengaruh cukup besar di penjualan. Diperkirakan 5% sampai dengan 10% akan terpengaruh,” kata Jonfis.

Dia menuturkan, semua kendaraan akan terpengaruh dengan kenaikkan suku bunga pinjaman yang terjadi jika terdapat kenaikan.

Perusahaan, lanjutnya memiliki beberapa strategi guna mengatasi hal tersebut. Salah satunya, program insentif kredit dengan uang muka dan cicilan ringan, gratis jasa perawatan berkala sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun, dan sebagainya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suku bunga acuan, PT Honda Prospect Motor

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top