Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkat Insentif Harga, Penjualan Proton di Malaysia Naik 12,6%

Setelah bulan koreksi pasar pada September karena pengenalan Pajak Penjualan dan Jasa (SST), Proton meraup angka penjualan pada Oktobe 2018 di Malaysia sebanyak 5.093 unit.
Proton X70. PROTON akan mengaktifkan fungsi pemesanan online di situs webnya pada 17 Oktober 2018. /Proton
Proton X70. PROTON akan mengaktifkan fungsi pemesanan online di situs webnya pada 17 Oktober 2018. /Proton

Bisnis.com, SUBANG JAYA - Setelah bulan koreksi pasar pada September karena pengenalan Pajak Penjualan dan Jasa (SST), Proton meraup angka penjualan pada Oktobe 2018 di Malaysia sebanyak 5.093 unit.

Capain tersebut meningkat 12,6% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 4.524 unit, dan sedikit meningkat dibandingkan dengan bulan yang sama 2017.

Volume penjualan yang dicapai adalah yang tertinggi untuk 2018 di luar periode penjualan dari Juni - September, yang didorong oleh lingkungan pajak GST nol, serta kehadiran model baru Proton X70.

Peningkatan minat telah didorong oleh kebijakan harga PROTON saat ini. Pembeli menikmati nol harga SST karena perusahaan menanggung pajak untuk semua model. Ini berarti tidak ada perubahan harga meskipun masa bebas pajak GST berakhir, dan SST diberlakukan pada September tahun ini.

“PROTON adalah satu-satunya produsen mobil di Malaysia yang mengadopsi kebijakan penetapan harga nol SST untuk semua model saat ini. Kami bertujuan untuk memberikan nilai uang yang lebih baik kepada pelanggan dengan membuat kepemilikan mobil Proton lebih terjangkau. Oleh karena itu, selama 2 bulan terakhir 2018 kami menawarkan potongan harga hingga RM3.000 dan akan meningkatkan partisipasi kami dalam road show dan karnaval untuk memastikan kami menjangkau sebanyak mungkin pembeli mobil Malaysia,” kata Abdul Rashid Musa, Chief Executive Officer dari PROTON Edar, dalam keterangan pers, Rabu (31/10/2018).

Peningkatan jumlah gerai baru 3S dan 4S juga berkontribusi pada peningkatan citra merek PROTON. Pada akhir Oktober, 113 persetujuan pengiriman outlet diberikan, setara dengan pencapaian 104% dari target 109 unit. Untuk para gerai baru ini, program pelatihan telah diadakan untuk memastikan semua staf penjualan dan layanan dapat memberikan tingkat layanan pelanggan. Efektivitas langkah ini terbukti di J.D. Power 2018 Malaysian Sales Satisfaction Index (SSI) untuk merek otomotif pasar massal, dengan PROTON meningkatkan peringkatnya dengan tiga tempat.

“Diler 3S / 4S baru kami telah meningkatkan visibilitas merek PROTON dan membangun kembali kepercayaan konsumen. Lebih banyak orang Malaysia mulai percaya kami dapat memberikan produk berkualitas tinggi yang didukung oleh tingkat layanan pelanggan yang tinggi. Namun, PROTON menyadari bahwa outlet baru saja tidak dapat memenangkan kembali pembeli mobil, jadi kami telah berinvestasi dalam meningkatkan tingkat keterampilan dan layanan kami pada saat yang bersamaan. Hal ini tercermin dalam skor terbaru 782 poin di peringkat SSI JD Power dan meskipun masih ada banyak ruang untuk perbaikan, itu menunjukkan kita bergerak ke arah yang benar, ”tambah Abdul Rashid.

Proton X70 mencapai 10.000 pemesanan dalam 49 hari

Proton meraih rekor pemesanan X70 sebanyak 10.000 unit sejak diluncurkan 8 September. Model sport utility vehicle Malaysia ini telah menarik minat pembeli mobil berkat kombinasi desain yang menarik, fitur-fitur canggih dan performa berkendara yang mengasyikkan. Peluncuran platform pemesanan online pada 17 Oktober juga membantu karena memungkinkan pemesanan dibuat dari mana saja dengan koneksi Internet.

Dengan ekspektasi pasar yang tinggi, PROTON mengambil banyak langkah untuk memastikan SUV baru mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya. Sebagai contoh, pelatihan produk untuk semua staf telah ditingkatkan dengan tes yang dikelola secara acak untuk memastikan ada pengetahuan produk yang cukup. Di sisi teknis, investasi dalam peralatan baru untuk pusat layanan resmi juga dibuat bersama dengan peningkatan suku cadang sebagai ukuran terhadap segala kekurangan.

“Proton berterima kasih atas dukungan pemesanan yang diperlihatkan Malaysia meskipun Proton X70 tidak hadir di lantai showroom kami. Ini adalah model paling canggih dalam jangkauan kami, dikemas dengan fitur-fitur yang membuat debut mereka di mobil Proton, sehingga keberhasilannya sangat penting untuk upaya merek kami. Oleh karena itu, investasi besar dilakukan untuk memastikan tujuan kami terpenuhi.

“Dari pembukaan gerai 3S / 4S, pelatihan staf, pembangunan jalur produksi baru di pabrik Tanjung Malim dan bahkan menjodohkan vendor lokal dan internasional, tidak ada yang tersisa untuk kebetulan. Sayangnya, persiapan detail seperti itu membutuhkan banyak waktu, jadi kami meminta pelanggan kami untuk bersabar untuk sementara waktu lebih lama. Penantian hampir berakhir, ” kata Abdul Rashid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper