Toyota Tundra PIE Pro, Mobil Pabrik Pizza Bergerak Tanpa Emisi

Tampil di ajang pameran Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show 2018, Toyota Tundra PIE Pro tidak saja menampilkan wujudnya sebagai truk niremisi tetapi juga sebagai pabrik pizza bergerak.
Fatkhul Maskur | 31 Oktober 2018 00:30 WIB
Toyota Tundra PIE Pro. - Toyota

Bisnis.com, TEXAS - Tampil di ajang pameran Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show 2018, Toyota Tundra PIE Pro tidak saja menampilkan wujudnya sebagai truk niremisi tetapi juga sebagai pabrik pizza bergerak.

"Sebagai truk Toyota unggulan, Tundra adalah pekerja keras dalam arti yang sesungguhnya," kata Ed Laukes, Group Vice President - Toyota Division Marketing, dalam keterangan pers, Rabu (31/10/2018).

Tundra Pie Pro telah membuktikan kekuatannya dan kelincahannya yang luar biasa di medan ekstrim sekali pun. Lebih dari itu, Tundra PIE Pro menjadi robot pembuat pizza yang unik berbahan bakar bakar hidrogen dan bertenaga listrik.

Tundra PIE Pro dibangun oleh Toyota Motorsports Technical Center (MTCI). Keseluruhan proyek termasuk kerja sama dari Plano, Texas, tetangga Pizza Hut, bersama dengan rekayasa dari Nachi Robotic Systems.

Titik awal adalah Tundra SR5 yang diruntuhkan menjadi sasis bergulir dan kemudian disusun kembali dari bawah ke atas. Drivetrain bertenaga bensin konvensional dihapus dan diganti dengan unit tenaga listrik sel bahan bakar hidrogen yang diadaptasi dari Toyota Mirai.

Penggunaan hidrogen ini adalah satu lagi contoh pengembangan teknis sel bahan bakar hidrogen mutakhir Toyota yang sedang berlangsung. Penjualan Mirai-nya yang bertenaga hidrogen melampaui 4.000 unit pada September lalu, dan perusahaan ini melanjutkan pengembangan pada armada kendaraan komersial Kelas 8 bahan bakar hidrogen.

Tempat tidur Tundra telah diubah menjadi pabrik pizza virtual di atas roda — apa yang disebut MCTI The Kitchen. Benar-benar mandiri, The Kitchen terdiri dari sebuah lemari es, sepasang lengan robotik yang dipandu komputer, dan sebuah oven konveyor efisiensi tinggi yang portabel. Seperti truk itu sendiri, semua komponen dapur dapat didukung oleh powertrain listrik sel bahan bakar hidrogen.

Dari awal sampai akhir, proses pembuatan pizza memakan waktu antara enam dan tujuh menit. Ketika proses dimulai, lengan robot pertama membuka lemari es dan mengangkat pizza yang dipilih, menempatkannya di atas konveyor oven, dan kembali untuk menutup pintu kulkas.

Pizza tersebut kemudian disampaikan melalui oven tanpa ventilasi kecepatan tinggi. Di sisi yang jauh, lengan robot kedua mengangkat pai yang sudah jadi, menempatkannya di talenan, membaginya menjadi enam irisan yang identik, mengemasnya, dan mengantarkannya ke pelanggan yang menunggu di sisi Tundra.

Dampak lingkungan Tundra PIE Pro hampir nol. Satu-satunya produk sampingan adalah emisi uap air dan pizza Pizza Hut yang lezat.

"Kami telah memiliki tangan dalam menyatukan semua jenis kendaraan Toyota kustom selama bertahun-tahun, dari mobil balap berperforma tinggi hingga kendaraan pameran," kata MTCI Marty Schwerter, "Konsep dan teknologi yang digunakan dalam Tundra ini menyajikan tantangan unik. ”

Tundra PIE Pro, bersama dengan kendaraan khusus Toyota lainnya — dapat ditemukan di stan pameran Toyota di Aula Tengah dan di Paviliun Patio dari Vegas Convention Center, 30 Oktober - 2 November 2018.

Tag : Mobil Hidrogen, Toyota Tundra
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top