Siapkan Model Terbaru, Opel Singkap Sedikit Wajah Masa Depan Perusahaan

Selain tengah bekerja keras menjadi perusahaan otomotif yang efisien di dalam Groupe PSA, Opel juga sedang sibuk memperkuat dan menyempurnakan profilnya. Sebelum akhir tahun, kendaraan Brand Concept yang sedang dibuat di studio desain akan menunjukkan ke mana arah salah pabrikan terbesar Eropa ini.
Fatkhul Maskur | 14 Juli 2018 02:00 WIB
Desain Opel. - Opel

Bisnis.com, RUSSELSHEIM - Selain tengah bekerja keras menjadi perusahaan otomotif yang efisien di dalam Groupe PSA, Opel juga sedang sibuk memperkuat dan menyempurnakan profilnya. Sebelum akhir tahun, kendaraan Brand Concept yang sedang dibuat di studio desain akan menunjukkan ke mana arah salah pabrikan terbesar Eropa ini.

"PACE! adalah kompas untuk masa depan yang berkelanjutan dan sukses untuk Opel,” kata Michael Lohscheller, Chief Executive Officer Opel Automobile GmbH. Selain meningkatkan profitabilitas dan efisiensi, katanya dalam presentasi rencana strategis November tahun lalu, PACE! mencakup penguatan merek Opel. "Oleh karena itu saya memberi tim saya tugas mengasah profil Opel dan membuat mobil konsep yang melambangkan arah yang tuju."

Lohscheller menyebutkan tiga nilai prinsip yang akan selalu hidup sebagai dalam DNA setiap model dan prakarsa Opel: cita rasa Jerman, mudah didekati, dan menarik.

Dalam beberapa bulan terakhir, tim pemasaran, desain, dan teknik telah menemukan jawaban atas pertanyaan bagaimana nilai-nilai ini dapat lebih diwujudkan dalam desain, teknologi, substansi mobil, dan pendekatan yang diambil perusahaan terhadap pelanggannya.

Tim di bawah pimpinan Mark Adams, Wakil Presiden Opel Bidang Desain, telah meninjau kembali filosofi desain Opel dan akan menerapkan beberapa penyempurnaan signifikan untuk menyongsong masa depan perusahaan yang terlahir di Rüsselsheim ini.

Sekilas tentang apa yang akan terjadi di masa depan dan seperti apa model Opel pada pertengahan 2020-an kini telah terungkap - masih tersembunyi di bawah penutup tetapi sudah menunjukkan rincian yang patut dicatat.

Salah satu elemen yang ingin disematkan tim desain untuk mencapai level baru adalah "Germanness" agar dapat diekspresikan di produk masa depan, sehingga mempertajam profil merek.

Germanness baru berarti bahwa mendefinisikan diri tidak hanya berdasarkan pada nilai-nilai tradisional Jerman. Tentu saja, keunggulan teknik, inovasi teknis dan kualitas luar biasa tetap penting.

"Namun, Jerman modern jauh lebih dari ini. Kami terbuka untuk dunia, berpikiran terbuka, dan benar-benar peduli tentang orang. Dalam bahasa Jerman, sikap ini disebut menschlich. Manusia dalam satu kata."

Dia menjelaskan bahwa pelanggan, di mana pun mereka tinggal atau berasal, adalah pedoman dan kompas bagi tim Opel untuk melakukan semua yang bisa dilakukan.

Dua pilar dasar filsafat desain masa depan Opel secara langsung berasal dari ungkapan Jerman baru. Bold and pure. Tebal dan murni.  “Desain Opel bersifat emosional, pahatan, dan percaya diri, kami menciptakan desain menarik yang menonjol. Kami meringkas ini dengan istilah tebal. Aspek kunci kedua dari desain Jerman adalah kejelasan, intuisi dan fokusnya. Ini ditangkap dalam istilah murni,” jelas Adams.

Berbagai desain ikonik sebelumnya dari masa lalu Opel jelas berhubungan dengan kualitas ini. Salah satu contoh yang paling menakjubkan dari prinsip bold dan pure ini adalah Opel CD yang memukau penonton internasional ketika merayakan premier dunianya di Frankfurt Motor Show 1969.

Dia mengungkapkan bahwa elemen-elemen kunci ini juga terlihat jelas dalam gagasan paling mutakhir dari Rüsselsheim Design Center, yakni GT Concept yang diakui secara kritis. Proporsi kuat, permukaan sederhana namun terpahat, grafis tebal, dan detail yang jarang namun sangat baik.

Brand Concept 2018 yang sedang disiapkan itu pun terus mengembangkan prinsip-prinsip yang tertanam dalam GT Concept. Ada kesinambungan dan konsistensi yang jelas dalam cara mengungkapkan nilai-nilai Opel. "Namun, kami telah mengambil beberapa langkah ke depan dan sekarang menetapkan struktur untuk masa depan wajah Opel. Ini akan diartikulasikan di sekitar apa yang kita sebut Opel Compass,” jelas Adams.

Opel Compass mengatur elemen desain wajah masa depan Opel sekitar dua sumbu kuat yang memotong lambang merek, yang menjadi titik fokus lebih dari sebelumnya. Garis tengah-lipatan pada kap mesin melambangkan sumbu vertikal, yang akan menjadi lebih berani dan lebih murni dalam eksekusinya. Sumbu horizontal dilambangkan dengan tanda simbol yang khas berbentuk sayap, yang akan terus diperkuat dan dikembangkan di semua kendaraan Opel masa depan.

Brand Concept 2018, yang akan diungkapkan sebelum akhir tahun, akan menjadi kendaraan pertama yang menampilkan wajah Opel masa depan yang dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip Opel Compass.

Michael Lohscheller, Chief Executive Officer Opel Automobile GmbH.

 

Tag : Mobil Konsep, Opel Automobile GmBH
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top