Volvo 440, Menjelang Perayaan Ulang Tahun ke-30

Volvo 440 diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Juni 1988. Volvo 440 adalah mobil keluarga lima pintu yang berbagi teknologi dengan 480 sports coup. Volvo sekarang membuktikan bahwa penggerak roda depan sebagai model masa depannya.
Yudi Supriyanto | 03 Juli 2018 13:25 WIB
Volvo 440. - Volvo Cars

Bisnis.com, GOETHENBERG - Volvo 440 diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Juni 1988. Volvo 440 adalah mobil keluarga lima pintu yang berbagi teknologi dengan 480 sports coupé. Volvo sekarang membuktikan bahwa penggerak roda depan sebagai model masa depannya.

Kelahiran Volvo 440 diawali dengan sebuah proyek Galaxy. Proyek ini terinspirasi dari nama sebuah permainan yang berpikir bebas dan membidik bintang. Galaxy adalah proyek baru yang akan membawa perusahaan ke mobil Volvo masa depan.

Pada September 1980, prototipe roda depan drive pertama sudah siap. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk menguji berbagai fungsi, dalam hal penampilan menyerupai apa yang kemudian menjadi Volvo 440. G4, sebutan prototipe, menampilkan atribut yang dicari oleh Volvo, yakni penggerak roda depan, dan menyenangkan untuk dikendarai. Interior ruang yang baik, sementara dimensi eksternal tetap kompak.

Proyek Galaxy kemudian memuncak dalam peluncuran dua seri model. Volvo 850 besar, yang disajikan pada musim panas 1991, memiliki dampak terbesar, tetapi program 400 sebenarnya muncul beberapa tahun sebelumnya. Bagian dari proyek itu diambil alih oleh anak perusahaan Volvo di Belanda pada 1992, yang kemudian menjadi tempat pengembangan berlanjut.

Yang pertama dari model penggerak roda depan Volvo yang baru adalah 480 sport coupé, yang secara resmi diluncurkan di Geneva Motor Show pada 1986. Produk bagus ini membuka jalan bagi 440, yang disajikan 2 tahun kemudian dan akhirnya membidik pembeli mobil di kelas mid-range.

Volvo 440 lahir sebagai model hatchback modern dengan kursi belakang praktis yang dibagi menjadi dua bagian. Panel tengah di dasbor menghadap pengemudi, membuatnya lebih mudah baginya untuk mengakses kontrol. Pengaturan ini menghubungkan program model ini dengan seri 700, dengan sisi yang mulus dan jendela samping yang rendah dan hampir vertikal.

Semua mesin Volvo 440 adalah empat silinder dengan camshaft overhead tunggal, dari 1,6 liter hingga 2 liter, termasuk model turbo 1,7 liter.

Tentu saja, keselamatan adalah pertimbangan utama dan rem anti-lock, ABS, tersedia sebagai tambahan opsional pada awal 1989. Pretensioner Seatbelt dan airbag dipasang sebagai tambahan opsional dari model 1991 dan seterusnya, dan sistem perlindungan dampak samping terintegrasi Volvo, SIPS, diperkenalkan ke model pada tahun 1994.

Mobil ini diproduksi di Born, Belanda, di mana model pendahulunya 340/360 dan 480 diproduksi.

Versi model berikutnya dalam seri 400, yakni 460, versi sedan dari 440 dan 10 sentimeter lebih panjang, disajikan pada 1989.

Produksi Volvo 444 60 dihentikan pada November 1996. Penerusnya, S40 dan V40, telah berproduksi paralel selama lebih dari 1 tahun pada waktu itu.

Delapan hal yang tidak Anda ketahui tentang Volvo 440:

  • Volvo 440 juga tersedia dalam versi mobil polisi, dan digunakan sebagai mobil patroli standar untuk kepolisian nasional dan kepolisian daerah di sejumlah negara, seperti Belanda.
  • Seri 400 tidak pernah tersedia sebagai estate, tetapi dua perusahaan desain eksternal merancang proposal. ASC Detroit di AS menciptakan garis besar desain, sementara Heuliez di Prancis membangun prototipe estate untuk seri 400. Salah satunya sekarang menjadi bagian dari koleksi Museum Volvo.
  • Desain Volvo 440 dikaitkan dengan Peter van Kuilenburg, yang bekerja di departemen desain di Volvo Car B.V., tetapi bentuknya didasarkan pada prototipe G4 yang dirancang oleh Jan Wilsgaard, kepala desain.
  • Sebuah perusahaan Belanda menawarkan kit konversi perkebunan. The tailgate dari hatchback telah dihapus dan diganti dengan atap, jendela samping dan tutup boot yang terbuat dari fiberglass. Volvo tidak terlibat - mereka bahkan tidak memberikan izin untuk konversi perkebunan.
  • Versi rally dari Volvo 440, dilengkapi dengan Volvo 2.3-liter, mesin 16-katup keluaran 715 daya kuda, yang dikompetisikan pada tahun 1992. Mobil ini juga memiliki penggerak empat roda.
  • Turbo 440 datang dengan komputer perjalanan yang dipasang sebagai standar. Ini mampu menampilkan konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata, jangkauan, suhu minyak, suhu pendingin dan suhu eksternal. Ketika kunci kontak dinyalakan, layar menunjukkan "OK" jika level oli sudah benar.
  • Pada 1 Desember 1991, Volvo Car B.V. berhenti memproduksi seri 400 dan produksi dipindahkan ke NedCar B.V. Perusahaan baru ini dimiliki oleh negara Belanda, Volvo Personvagnar AB dan Mitsubishi Motors.
  • Mobil konsep LCP 2000 adalah pendahulu dari seri 400. Light Component Project disajikan pada musim semi 1983 dan merupakan prototipe mobil ringan masa depan yang dapat dikemudikan. The LCP2000 dibangun dari berbagai bahan ringan dan memiliki penggerak roda depan, dengan mesin melintang.
Tag : Volvo Cars, Volvo 440
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top