Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Motor Kaji Investasi di Pabrik Kontrak

Hyundai Motor pada Senin (4/6/2018) melakukan uji tuntas di sebuah situs pabrik manufaktur mobil kontrak untuk kemungkinan investasi, karena perusahaan Korea Selatan mencari cara untuk memotong biaya dan melestarikan modal untuk mengembangkan teknologi baru, seperti kendaraan listrik.
Logo Hyundai/Reuters-Lee Jae^won
Logo Hyundai/Reuters-Lee Jae^won

Bisnis.com, SEOUL - Hyundai Motor pada Senin (4/6/2018) melakukan uji tuntas di sebuah situs pabrik manufaktur mobil kontrak untuk kemungkinan investasi, karena perusahaan Korea Selatan mencari cara untuk memotong biaya dan melestarikan modal untuk mengembangkan teknologi baru, seperti kendaraan listrik.

Langkah ini menyusul pengumuman Hyundai pada Jumat (1/6/2018) bahwa pihaknya telah mengajukan surat keinginan untuk mempertimbangkan investasi di pabrik yang diusulkan oleh kota Gwangju di barat daya negara itu.

Kontrak manufaktur telah banyak digunakan oleh industri elektronik - Apple Inc meng-outsource produksi sebagian besar iPhone dan perangkat lain ke Foxconn Taiwan - dan pembuat mobil yang sudah mapan secara bertahap juga merangkul kontraktor dalam upaya untuk menghemat biaya.

Pemasok suku cadang otomotif Kanada, Magna International Inc memproduksi BMW dan mobil lainnya, dan afiliasi Hyundai Kia Motors mengalihdayakan produksi mobil mini Picanto-nya.

Tetapi investasi Hyundai, jika diselesaikan, akan menandai ekspansi langka oleh produsen mobil besar ke dalam pembuatan kontrak.

"Meskipun investasi dikonfirmasi, kami mempertimbangkan outsourcing dan mengamankan pasokan mobil baru yang ekonomis dengan berinvestasi di saham non-pengendali tanpa berpartisipasi dalam manajemen perusahaan baru," kata Hyundai dalam sebuah pernyataan.

Harian Joonang Ilbo melaporkan pekan lalu bahwa pemerintah kota Gwangju sedang berupaya untuk membangun pabrik pada 2020 paling cepat dan mempertahankan upah tahunan sebesar 40 juta won (28.010,49 pon), atau kira-kira setengah dari Hyundai Motor.

Pabrik, yang akan memiliki kapasitas tahunan 100.000 kendaraan, akan membutuhkan investasi setidaknya 500 miliar won dan Hyundai kemungkinan akan menawarkan 40 miliar won untuk mengambil 20% saham, kata surat kabar itu.

Serikat pekerja Hyundai meminta perusahaan untuk menarik langkah itu, karena akan memangkas upah pekerja yang ada dan menciptakan ketidakamanan kerja. Serikat itu, dalam sebuah pernyataan, menyebut langkah itu sebagai "keputusan politik," menuduh produsen mobil "menyerah pada tekanan pemerintah Moon Jae-in" untuk menciptakan lapangan kerja.

Perusahaan menolak berkomentar tentang tuduhan serikat pekerja.

Seorang pejabat kota Gwangju mengatakan akan mencoba menarik investasi dari mobil lain juga, tanpa merinci lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper