Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kia Motors Siap Luncurkan Mesin Diesel 48V Hibrida Ringan Pertama

Powertrain EcoDynamics+ yang baru mengurangi emisi CO2 dengan menambah akselerasi dengan tenaga listrik dari baterai 48-volt tambahan dan memperpanjang waktu off time pembakaran dengan menggunakan unit Starter-Generator Ringan-Hibrida yang baru.
Kia Sportage/Reuters
Kia Sportage/Reuters

Bisnis.com, SEOUL - Kia Motors akan memperkenalkan sistem penggerak (powertrain) diesel hibrida ringan 48V pertama di paruh kedua 2018.

Teknologi penggerak yang dinamai EcoDynamics+ itu akan mengurangi emisi CO2 dengan menambah akselerasi dengan tenaga listrik dari baterai 48-volt tambahan dan memperpanjang waktu off time pembakaran dengan menggunakan unit Starter-Generator Ringan-Hibrida yang baru.

Sejalan dengan tujuan Kia untuk menciptakan mobil inovatif yang terjangkau untuk berbagai pembeli, EcoDynamics+ teknologi hibrida ringan menawarkan rasio biaya-ke-kinerja yang menarik dibandingkan dengan powertrains hibrida penuh.

Sifat kompak dari komponen membuat teknologi dapat diintegrasikan ke dalam arsitektur kendaraan dan powertrain yang ada tanpa mempengaruhi kepraktisan atau pengemasan. Powertrain hibrida ringan Kia dirancang agar pas dengan kehidupan konsumen, tanpa perlu mengisi ulang pengisi daya.

Kia Sportage akan menjadi model pertama yang menawarkan powertrain hibrida ringan-ramah lingkungan EcoDynamics+ diesel baru pada 2018. Generasi ketiga Kia Ceed yang baru akan menjadi yang kedua di antara berbagai model Kia untuk menawarkan powertrain baru dari 2019.

Powertrain baru pertama diluncurkan di bawah strategi elektrifikasi Kia 2025.

Powertrain ringan-hibrida 48V adalah teknologi baru pertama yang diluncurkan sebagai bagian dari strategi elektrifikasi powertrain Kia yang lebih luas. Pengenalan powertrain 48-volt baru menunjukkan Kia sebagai produsen pertama yang menawarkan teknologi hibrida, plug-in hibrida, baterai-listrik dan 48-volt pada modelnya.

Kia berencana untuk meluncurkan 16 kendaraan powertrain canggih pada 2025, termasuk lima hibrida baru, lima plug-in hibrida, lima kendaraan baterai listrik dan pada tahun 2020 kendaraan listrik sel bahan bakar baru.

EcoDynamics+ diesel hibrida ringan akan memungkinkan Kia menawarkan mesin diesel yang lebih bersih. Sistem ini dipasangkan dengan teknologi pengendalian emisi aktif dari Kia's Catalytic Reduction (SCR), mengurangi emisi CO2 hingga 4% pada Prosedur Uji kendaraan baru Harmonized Light (WLTP), dan hingga 7% pada Siklus Penggerak Eropa Baru (NEDC).

Penggulungan teknologi hibrida ringan diesel akan berkontribusi pada upaya global merek untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar seluruh armada.

EcoDynamics + diesel teknologi hibrida ringan dengan mode ‘motor’ dan ‘generator’

Teknologi hibrida ringan Kia memiliki baterai lithium-ion 48-volt 0,46 kWh kompak dan Starter-Generator Generik Ringan (MHSG). Dengan mengendalikan MHSG secara elektronik menggunakan inverter, sistem akan beralih mulus antara dua mode: ‘motor’ dan ‘generator’.

Terhubung dengan sabuk ke poros mesin diesel, di bawah percepatan MHSG menyediakan hingga 10kW bantuan tenaga listrik ke powertrain dalam mode 'motor', mengurangi beban mesin dan emisi.

Dalam mode ‘generator’, sistem memanen energi kinetik dari kendaraan selama perlambatan dan pengereman dalam gigi dan menggunakan daya untuk mengisi ulang baterai.

Kia Motors Siap Luncurkan Mesin Diesel 48V Hibrida Ringan Pertama

Cara kerja EcoDynamics + di jalan

Powertrain telah direkayasa untuk memberikan efisiensi yang lebih besar dari mesin pembakaran internal di jalan, dengan menggunakan tenaga listrik yang dikirim dan sembuh dengan mulus.

Dalam mode ‘motor’, baterai dilepas di bawah akselerasi, memberikan torsi tambahan ke mesin untuk sedikit meningkatkan kinerja di bawah akselerasi yang berat, atau untuk mengurangi beban mesin selama akselerasi cahaya. Di bawah deselerasi, atau saat mengemudi menurun atau menuju persimpangan, MHSG beralih ke mode ‘generator’, memulihkan energi dari crankshaft untuk mengisi ulang baterai saat bepergian.

Sistem ini dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU) lanjutan, yang menghitung penggunaan paling efisien dari energi yang tersedia, dan menyesuaikannya sesuai, dengan mempertimbangkan jumlah muatan yang tersisa dalam baterai mobil.

Daya baterai juga dapat digunakan untuk menyediakan fungsi 'Pindah Berhenti & Mulai' yang baru. Jika baterai memiliki daya yang cukup, mesin pembakaran akan mati secara otomatis selama deselerasi dan pengereman dalam gigi. MHSG kemudian dengan mulus menyalakan kembali mesin - dalam situasi apa pun - jika pengemudi menekan pedal gas.

Pengemasan dan integrasi yang kompak ke dalam arsitektur

Sifat teknologi yang kompak berarti mengintegrasikan sistem EcoDynamics + hibrida ringan ke dalam arsitektur kendaraan yang ada relatif mudah. Tergantung pada kendaraan, baterai 48V akan berada di bawah lantai boot, meminimalkan dampak pada kepraktisan kendaraan. Karena MHSG terintegrasi langsung dengan mesin, menggerakkan poros engkol melalui sabuk, ada sedikit kebutuhan untuk mengemas ulang ruang mesin.

Konverter DC / DC baterai 48V memungkinkan baterai baru untuk menyambung ke catu daya on-board kendaraan, yang mengarah ke pengurangan signifikan dalam ukuran baterai 12V yang diperlukan untuk menyalakan elektronik tambahan mobil.

Adopsi MHSG juga berarti motor starter konvensional dapat dirampingkan dan digunakan terutama untuk cold start pada suhu rendah. Mengisi daya dari baterai 48V membantu menyalakan mesin dalam sebagian besar kondisi.

Eco -ynamics + diesel ringan-hibrida powertrain Kia kompatibel dengan transmisi manual dan otomatis, dan dapat disesuaikan untuk tata letak drivetrain depan, belakang dan semua roda. Powertrain juga akan diadaptasi untuk digunakan dalam mesin bensin.

Kia akan mengkomunikasikan rencana yang lebih rinci untuk peluncuran teknologi hibrida ringan baru dalam beberapa bulan mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper