Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil, Asian Games Bawa Cuan

Perhelatan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Indonesia membawa dampak positif bagi perusahaan otomotif. PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Maxindo Moto menerima pemesanan kendaraan bermotor dari pemerintah terkait ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Perhelatan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Indonesia membawa dampak positif bagi perusahaan otomotif. PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Maxindo Moto menerima pemesanan kendaraan bermotor dari pemerintah terkait ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan Pemerintah DKI Jakarta melakukan pembelian kabin ganda Toyota Hilux pada awal tahun ini. “Sudah masuk pesanan sebanyak 300 unit untuk kebutuhan Asian Games,” katanya kepada Bisnis.

Soerjo mengatakan Asian Games menjadi satu faktor kepercayaan diri perusahaan untuk pertumbuhan kabin ganda. TAM membidik kenaikan penjualan kabin ganda Hilux naik 10% menjadi 8.427 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) TAM menjadi penguasa pasar kabin ganda sepanjang 2017. Toyota Hilux berkontribusi sebanyak 56,05% terhadap model kendaraan niaga tersebut.

Sementara itu itu Maxindo Moto selaku distributor resmi motor gede (moge) BMW menerima pesanan dari Kepolisian Republik Indonesia. Lembaga hukum negara tersebut membeli 250 unit  R 1200GS.

Kepala Urusan Pengawalan Umum Korlantas Polri Djoko Priantono mengatakan belanja moge itu digunakan untuk keperluan pengawalan Asian Games 2018. Sebelumnya kepolisian juga telah membeli 50 unit model yang sama.

“Sebanyak 30 unit dari pembelian pertama juga akan digunakan untuk pengawalan Asian Games,” katanya.

CEO PT Maxindo Moto Joe Frans enggan mengomentari hal tersebut. Dia hanya mengatakan segala bentuk penjualan membuat kepercayaan diri perusahaan naik untuk memasarkan BMW Motorrad di Tanah Air.

Kendati Indonesia memiliki sejumlah tantangan untuk menjual moge, tetapi Joe menilai potensi bisnis sangat baik. Sepanjang 201 7, Maxindo mengklaim penjualan BMW Motorrad tumbuh 100% dibandingkan dengan 2016.“Perekonomian cukup bagus dan proyek pemerintah jalan terus. Kedua hal itu sangat cukup memberikan kepercayaan diri,” katanya.

Tahun ini Maxindo akan memboyong sejumlah moge BMW anyar. Perusahaan membocorkan dua produk yang akan segera mengisi pasar dalam negeri adalah S 1000R dan R nineT Spezial.

Joe mengatakan produk baru akan diluncurkan secara resmi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 bulan depan. Selain itu perusahaan juga akan mengenalkan teknologi baru, yaitu Connectivity. “Saya belum bisa bicara lebih banyak. Lebih jelasnya nanti saat peluncuran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper