Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segmen LMPV: Mitsubishi Xpander Akhiri Dominasi Toyota Avanza

Setelah sekian lamanya merajai segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), Toyota Avanza akhirnya melepaskan dominasinya di segmen ini dengan kehadiran model baru Mitsubishi, Xpander, yang langsung menjadi market leader di segmen ini.
Mitsubishi xPander di GIIAS 2017. /Mitsubishi
Mitsubishi xPander di GIIAS 2017. /Mitsubishi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sekian lamanya merajai segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), Toyota Avanza akhirnya melepaskan dominasinya di segmen ini dengan kehadiran model baru Mitsubishi, Xpander, yang langsung menjadi market leader di segmen ini.

Berdasarkan data penjualan yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) di segmen ini pada bulan Februari mencapai 23.564 unit atau menyumbangkan kontribusi sebesar 25% dari total penjualan mobil Februari sebanyak 93.737 unit.

Ada 11 model yang mengisi segmen ini yaitu Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Wuling Confero, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia, Chevrolet Spin dan Mazda VX-1.

Merek mobil Mitsubishi langsung menyodok ke peringkat kedua dalam total penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) di sepanjang bulan Februari, berdasarkan data penjualan mobil yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gailkindo).

Mitsubishi secara tradisional dalam setiap bulannya, berada di zona 5 besar penjualan tertinggi. Namun kali ini, Mitsubishi meloncat ke posisi nomor kedua yang selama ini ditempati oleh Daihatsu, yang kali ini terpaksa melorot ke posisi ke-3.

Toyota masih berada di posisi puncak dengan mengoleksi penjualan sebanyak 27.665 unit, disusul oleh Mitsubishi 18.411 unit, Daihatsu 15.660 unit, kemudian Honda 11.894 unit, Suzuki mengisi posisi ke-5 dengan penjualan sebanyak 11.115 unit.

Total penjualan mobil di bulan Februari sebanyak 93.737 unit, turun tipis sebesar 2% dibandingkan realisasi penjualan Januari yang mencapai 95.975 unit.   

Ada 4 merek mobil yang tidak satu pun terjual yaitu Audi, Mercedes-Benz, Peugeot, Proton. Mercedes-Benz sendiri diketahui setiap bulannya mencetak penjualan dalam jumlah signifikan, namun karena alasan internal tidak melaporkan data penjualannya ke Gaikindo.

Berikut ini realisasi penjualan mobil Februari 2018 di segmen LMPV:

Merek

Penjualan (unit)

Mitsubishi Xpander

7.400

Toyota Avanza

6.773

Suzuki Ertiga

4.223

Daihatsu Xenia

2.529

Honda Mobilio

1.514

Wuling Confero

565

Suzuki APV

317

Daihatsu Luxio

243

Nissan Evalia

0

Chevrolet Spin

0

Mazda VX-1

0

Total

23.564

Sumber: Gaikindo, diolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper