Suzuki Tingkatkan Volume Ekspor ke India

PT Suzuki Indomobil Motor optimistis dapat meningkatkan volume ekspor komponen mobil ke India. Komponen mobil dimaksud terdiri dari body part dan engine part yang dikirim ke Maruti Suzuki India Limited, produsen kendaraan terbesar di sana.
Nurudin Abdullah | 13 Februari 2018 18:38 WIB
General Manager Strategic Planning Department Suzuki Indomobil Motor Uchiki Ryohei. - JIBI/Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA-PT Suzuki Indomobil Motor optimistis dapat meningkatkan volume ekspor komponen mobil ke India.

Komponen mobil dimaksud terdiri dari body part dan engine part yang dikirim ke Maruti Suzuki India Limited, produsen kendaraan terbesar di sana.

General Manager, Strategic Planning Department Suzuki Indomobil Motor Uchiki Ryohei mengatakan pihaknya selama 2017 berhasil mengekspor 371.444 unit komponen.

Ekspor komponen yang terbagi dalam body part dan engine part seperti engine dan transmission itu meningkat cukup tinggi mencapai 737% dari realisasi ekspor 2016 sebanyak 50.432 unit.

“Peningkatan ini terjadi karena meningkatknya kebutuhan di pabrik Maruti Suzuki India Limited dan penambahan komponen ekspor yaitu engine part, yang pada tahun sebelumnya tidak termasuk,” kata Uchiki, Selasa (13/2/2018).

Menurut Uchiki, volume ekspor komponen tersebut diharapkan meningkat seiring peningkatan produksi pabrik Maruti Suzuki India Limited. Peningkatan dari sekarang 1,5 juta unit per tahun bertahap menjadi 2 juta unit pada 2020.

Apalagi, lanjutnya, dirinya bersama sejumlah tim department di Suzuki Indomobil Motor  mengunjungi pabrik Maruti Suzuki India saat menghadiri India Auto Expo 2018. 

Pameran tersebut berlangsung di India Expo Mart, Greater Noida Uttar Pradesh, India 8-14 Februari 2018.

Dia menjelaskan dalam kerja sama impor dengan Maruti Suzuki India Limited tersebut PT Suzuki Indomobil Sales menangani impor khusus unit completely build up (CBU) langsung dari India.

Impor meliputi antara lain Ignis, Baleno, Ertiga Diesel, SX4 S-Cross dan New SX$ S-Cross sebanyak 21.815 unit pada 2017.

Total impor CBU sebanyak  21.815 unit tersebut, imbuhnya, meningkat hingga mencapai 840% dibandingkan realisasi impor CBU 2016 yang hanya 2.596 unit.

Uchiki mengatakan SIM juga mendatangkan komponen dari pabrik Maruti Suzuki India Limited sebanyak 4,592 juta unit berupa transmisi, absorber assy, dan arm clutch release untuk kebutuhan perakitan unit mobil Karimun Wagon R dan Ertiga.

Sementara itu Managing Director & CEO Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan sesuai kebijakan Suzuki secara global, ekspor-impor komponen dan unit CBU, antarpabrik Suzuki di berbagai negara akan terus terjadi.

Tag : otomotif, suzuki
Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top