Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Mendanai Tim Rakata ITB

Hino Indonesia ikut berpartisipasi mendukung Tim Rakata Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program kerja tahun fiskal 2017.
Truk Hino/Reuters-David Mercado
Truk Hino/Reuters-David Mercado

Bisnis.com, JAKARTA – Hino Indonesia ikut berpartisipasi mendukung Tim Rakata Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program kerja tahun fiskal 2017.

Dukungan dari Hino Indonesia dimanfaatkan sepenuhnya untuk penelitian dan pengembangan teknologi,  pengadaan  komponen  pendukung,  pembuatan  mobil  konsep, keikutsertaan dalam kompetisi, serta publikasi dan seminar.

Adapun Rakata adalah unit kegiatan mahasiswa ITB yang terdiri dari mahasiswa berbagai program studi dengan tujuan untuk menyatukan semangat dalam mengembangkan teknologi hemat energi dan pemanfaatan energi baru terbarukan untuk mengurangi konsumsi minyak.

“Tujuan Rakata sejalan dengan misi Hono untuk menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi aman, ekonomis, dan bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan dengan memerhatikan pengembangan yang berkesinambungan,” kata Kazushi Ehara selaku Presiden Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia melalui siaran pers pada Minggu (11/2/2018).

Lebih lanjut, Indonesia dan negara-negara lainnya di dunia akan menghadapi krisis energi serius yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan energi, terutama energi tak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara.

Permintaan energi dunia terus meningkat sementara ketersediaan pasokan energi semakin tipis. Konsumsi bahan bakar global pada 2016 mencapai 95 juta barel/ hari dan Indonesia sendiri menkonsumsi 1,6 juta barel/ hari. Tren konsumsi bahan bakar terus meningkat sebesar 1,1 juta barel per hari setiap tahunnya.

Dengan demikian, diperkirakan cadangan minyak akan habis dalam kurun waktu 5 atau 6 tahun ke depan. Oleh sebab itu, Hino Indonesia mengalokasikan dana corporate social responsibity (CSR) yang dilaksanakan sejak 2007 terkait dengan pengembangan penggunaan energi baru terbarukan.

Pada 2017, Tim Rakata berhasil meraih Juara 2 untuk Kategori Prototipe Berbahan Bakar Ethanol di SEMA (Shell Eco - Marathon) 2017 dengan total konsumsi bahan bakar 673 km/liter dan juara kedua di Kategori Prototipe di antara seluruh peserta dari Indonesia.

Rekor tertinggi untuk konsumsi bahan bakar dicapai pada kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017, di mana Tim Rakata berada di posisi kedua dengan konsumsi bahan bakar yang menakjubkan yaitu 840 km/liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper