Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajah Baru Mercedes Benz A-Class

Awal tahun adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan produk andalan ke pasar. Itulah yang dipercaya oleh Mercedes Benz saat meluncurkan A-Class di sela-sela perhelatan akbar di Amsterdam pada awal bulan ini.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 10 Februari 2018  |  17:13 WIB
Mercedes-Benz A Clasic 2018 - caradvice
Mercedes-Benz A Clasic 2018 - caradvice

Bisnis.com, JAKARTA - Awal tahun adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan produk andalan ke pasar. Itulah yang dipercaya oleh Mercedes Benz saat meluncurkan A-Class di sela-sela perhelatan akbar di Amsterdam pada awal bulan ini.

A-Class adalah salah satu kendaraan premium yang dinanti-nanti publik otomotif pada 2018. Untuk menjawab ekspektasi tersebut, Mercedes mempersembahkan perombakan total dari seri city car-nya tersebut; mulai dari desain eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang melengkapinya.

Di dalam keterangan resminya, perusahaan yang berbasis di Stuttgart, Jerman itu mendeskripsikan desain facelift A-Class sebagai langkah maju dari filosofi desain Mercedes-Benz yang memegang teguh prinsip ‘kemurnian nan sensual’ (sensual purity).

Perombakan total pada eksterior A-Class dapat dilihat dari bagian kap depan, hingga penggunaan lampu LED datar, dan gril radiator yang tampil lebih menonjol sehingga memberikan karakter lebih maskulin dan sporty pada penampilan keseluruhan mobil.

Seri yang kerap dijuluki Baby Mercedes itu juga memiliki bodi yang lebih panjang 30 mm dibandingkan generasi sebelumnya, serta lebih lebar 14 mm untuk memberikan ruang yang lebih leluasa pada bagian dalam kabin.

Perombakan tersebut menghasilkan proporsi yang lebih ideal pada A-Class. Hal itu terlihat pada bagian kabin, dimana ruang untuk torso, ruang untuk lengan, dan ruang untuk kepala menjadi lebih lapang dan nyaman. Demikian halnya dengan ruang untuk kursi penumpang belakang.

Dengan desain baru tersebut, A-Class kini memiliki kapasitas bagasi 29 liter lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Secara total, bagasi kendaraan ini mampu menampung muatan seberat 370 liter.

Meskipun tampilan luar A-Class banyak mengalami perombakan, perubahan paling fundamental sebenarnya justru terletak pada bagian interior kendaraan ini. Salah satunya tercermin pada bagian dashboard, dimana mobil ini menggunakan produksi pertama dari kokpit MBUX (Mercedes-Benz User Experience).

MBUX adalah sistem hiburan yang baru diluncurkan Mercedes. Sistem ini memungkinkan pengendara dan penumpang untuk merasakan kenikmatan mengendarai Mercedes dengan paripurna, serta dapat dikendalikan dengan sentuhan dan komando suara dengan kata kunci ‘Hey Mercedes’.

Sistem tersebut dilengkapi dengan teknologi intelegen artifisial yang dapat menyesuaikan dengan preferensi pengendara. Terdapat dua layar yang disediakan, dimana bagian kirinya dipergunakan untuk fitur-fitur berkendara sedangkan bagian kirinya untuk fitur-fitur navigasi dan hiburan.

Total lebar kedua layar sentuh tersebut adalah 10,25 inchi (26 cm), yang masing-masing terintegrasi dalam penutup kaca yang elegan.

Anggota Dewan Managemen Daimler AG, Olla Källenius, menjelaskan teknologi baru tersebut akan menjadi fokus utama A-Class yang ditujukan untuk membuat kemudi menjadi lebih mudah. “A-Class baru memiliki banyak peran, bisa sebagai teman pintar maupun teman berbagi.”

Sementara itu, Chief Design Officer Daimler AG, Gorden Wagener, menambahkan A-Class adalah refleksi dari era baru karakter desain Mercedes. Dengan tampilan yang sarat kontur dan dilengkapi teknologi tinggi, rancangan mobil ini mengurangi banyak unsur lekukan dan garis.

“Interiornya merepresentasikan kemewahan modern yang belum pernah ada di kelasnya. Kendaraan ini juga perwujudan dari teknologi pintar dan pengalaman emosional yang menyeluruh,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan tenaganya? Untuk diketahui, A-Class baru yang ditawarkan dalam 64 palet warna yang berbeda ini ditawarkan ke dalam dua model mesin berbahan bakar bensin dan solar.

Varian berbahan bakar bensin dibagi menjadi dua model, yaitu mesin 1,4 liter dan 2 liter yang masing-masing menghasilkan performa 160 bhp/250 Nm dan 221 bhp/350 Nm. Adapun, varian solar memiliki mesin empat silinder 1,4 liter dengan kekuatan 113 bhp dan teknologi AdBlue untuk mengurangi emisi.

Suspensi mobil ini terletak di bagian depan dan belakang, dan dilengkapi dengan sistem pengendali elektrik. Terdapat juga varian 4MATIC yang memungkinkan pengendara untuk melakukan transfer power dengan lebih mulus saat mobil dipacu di jalanan.

Tidak hanya itu, A-Class ditunjang dengan berbagai fitur asistensi pengemudi yang memungkinkan pengendara untuk menjalankan mobil ini secara semiotonom dalam situasi dan kondisi tertentu.

Dalam hal sistem keamanan, A-Class dipersenjatai dengan sistem Active Distance Assist DISTRONIC dan Active Steering Assist, serta Active Emergency Stop Assist dan Active Lane Change Assist.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mercedez benz
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top