Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MOBIL 2017: SUV Sedikit Melemah, Sejumlah Model Melaju Kencang

Laju mobil sportif (sport utility vehicle/SUV) sepanjang tahun ini sedikit mundur. Penjualan pemimpin pasar melemah, tak sedikit model melaju lebih kencang.
All New Fortuner./Nurudin Abdullah-Bisnis
All New Fortuner./Nurudin Abdullah-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Laju mobil sportif (sport utility vehicle/SUV) sepanjang tahun ini sedikit mundur. Penjualan pemimpin pasar melemah, tak sedikit model melaju lebih kencang.

Pasar SUV diisi oleh cukup banyak pemain, seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, Honda HR-V 1.8, Nissan X-Trail, Lexus RX 200, Mitsubishi Outlander, Mazda CX-5, Isuzu MUX, Chevrolet Captiva, Hyundai Tucson, Hyundai Santa Fe, dan Suzuki Vitara.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan SUV sepanjang tahun ini hingga November tercatat 67.229 unit, turun 0,5% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 67.543 unit.

Toyota Fortuner, yang semimpin pasar SUV, mencatat penjualan 22.188 unit, atau turun 15,21% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 26.168 unit.

Penurunan penjualan ini mengakibatkan penguasaan pasar Fortuner mengecil dari sebelumnya 39% menjadi hanya 33%.

Sementara itu, runner-up Mitsubishi Pajero Sport bernasib bagus. Penjualan Pajero Sport melaju lebih kencang 3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 16.639 unit menjadi 17.102 unit.

Akan tetapi, meski penjualan meningkat, pangsa pasar Mitsubishi Pajero tidak berubah di angka 25%. Demikian pula posisinya sebagai runner-up.

Pencapaian signifikan dicatat oleh Honda CR-V, yang meraih kenaikan penjualan hingga 83% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7.590 unit menjadi 17.102 unit.

Tak hanya penguasaan pasar CR-V yang membesar dari 11% menjadi 21%, peringkat sebagai SUV terlaris produk Honda ini meningkat dari posisi keempat ke posisi ketiga.

Honda CR-V bertukar tempat dengan saudaranya Honda HR-V 1.8, yang menderita penurunan penjualan 29,84% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 7.641 unit menjadi hanya 5.361 unit.

Model lain yang menderita penurunan penjualan adalah Nissan X-Trail, Mitsubishi Outlander, Mazda CX-5, Hyudai Santa Fe, dan Suzuki vitara. Adapun Ford Everest sepanjang tahun ini tak membukukan penjualan.

PASAR MOBIL 2017: SUV Sedikit Melemah, Sejumlah Model Melaju Kencang


Sementara itu, Lexus RX 200, Isuzu MUX, dan Hyundai Tucson berhasil mencatat peningkatan penjualan cukup signifikan dan naik peringkat dalam tangga SUV terlaris.

Lexus RX 200 berhasil mencatat peningkatan penjualan 53% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 959 unit. Lexus naik dua peringkat ke posisi enam SUV terlaris.

Isuzu MUX meraih peningkatan 164% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 261 unit menjadi 690 unit. Isuzu MUX naik dua peringkat ke posisi sembilan SUV terlaris.

Hyundai Tucson meningkat 28% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 178 unit menjadi 228 unit. Hyundai Tucson naik dua peringkat ke posisi sebelas SUV terlaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper