Jaguar Land Rover Uji Coba Mobil Otonom Pertama di Jalan Raya

Jaguar Land Rover, pembuat mobil terbesar di Inggris, mulai menguji mobil otonom pertamanya di jalan raya. Hal ini terkait dengan dukungan pemerintah Inggris untuk pengembangan mobil otnonom serta listrik.
Muhammad Khadafi | 20 November 2017 10:15 WIB
Jaguar Land Rover ikut proyek pemerinta Inggris untuk mulai memperbolehkan pabrikan melakukan uji berkendara mobil otonom di jalan raya Inggris - jaguarlandrover.com

Bisnis.com, JAKARTA – Jaguar Land Rover, pembuat mobil terbesar di Inggris, mulai menguji mobil otonom pertamanya di jalan raya. Hal ini terkait dengan dukungan pemerintah Inggris untuk pengembangan mobil otnonom serta listrik.

Kendaraan tersebut berbasis Jaguar Range Rover Sport. Saat uji coba, Jaguar memastikan keamanan pejalan kaki lain dengan sopir manusia yang selalu berada di belakang roda kemudi, jika diperlukan intervensi.

Jaguar mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melanjutkan tes ini sepanjang 2018. Perusahaan belum punya rencana tenggat waktu untuk merilis mobil otonom, tetapi Jaguar berharap mobil tanpa sopir akan menjadi kenyataan dalam satu dekade berikutnya.

"Kami mendukung penelitian inovatif yang akan menjadi bagian integral dari infrastruktur, teknologi, dan lansekap hukum yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan cerdas dan mandiri menjadi kenyataan dalam dekade berikutnya," kata Nick Rogers, Executive Director - Product Engineering, dalam keterangan resmi yang dikutip dari situs jaguarlandrover.com, Senin (20/11/2017).

Jaguar bukanlah satu-satunya perusahaan yang ingin menciptakan mobil tanpa sopir, tentu saja. Banyak produsen mobil besar dan perusahaan teknologi mulai bekerja pada mobil tanpa sopir. Alphabet's Waymo telah bekerja sama dan beberapa kali melakukan uji coba. Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Uber telah mulai mengerjakan sendiri armada mobil otonomnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Keuangan telah mengumumkan dukungan dalam bentuk dana untuk pengembangan mobil otonom dan listrik, intelijen buatan serta telekomunikasi. Kementerian Keuangan akan menggelontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur sebesar 400 juta poundsterling sehingga nantinya para pengembang bisa melakukan uji coba mobil otonom di jalan raya Inggris.

Tag : Jaguar Land Rover
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top