Jaguar Bakal Hentikan Pasokan Mesin Ford

Jaguar Land Rover akan mengakhiri perjanjian dengan Ford Motor Co, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/9/2017). Dalam perjanjian yang disepakati tahun 2008 itu mengatur tentang pasokan mesin bensin dari fasilitas pabrik Ford di Wales, Inggris untuk Jaguar.
Muhammad Khadafi | 30 September 2017 07:58 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Jaguar Land Rover akan mengakhiri perjanjian dengan Ford Motor Co, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/9/2017). Dalam perjanjian yang disepakati tahun 2008 itu mengatur tentang pasokan mesin bensin dari fasilitas pabrik Ford di Wales, Inggris untuk Jaguar.

Hal ini berakibat terancamnya nasib setengah pekerja pabrik Ford atau sekitar 750 orang. Sebab mereka sangat bergantung pada kesepakatan untuk membuat mesin V6 dan V8 untuk Jaguar Land Rover.

Pengiriman akan berhenti pada akhir 2020. Rencananya pasokan Ford akan diganti dengan mesin dari pabriknya sendiri di Wolverhampton, Inggris, sebagai bagian dari investasi 450 juta poundsterling atau US$605 juta.

"Seiring industri otomotif mengalami perubahan yang cepat, kami terus melihat peluang teknologi tinggi lainnya untuk Bridgend di masa depan," kata Ford dalam sebuah pernyataan.

Adapun Ford sebenarnya telah memulai pembicaraan soal ketenagakerjaan di Bridgend pada Maret tahun ini. Hal ini bertujuan meningkatkan efisiensi guna memperpanjang kotrak dengan Jaguar Land Rover. Namun dengan keluarkan Inggris dari Uni Eropa dan pemerintah Inggris yang berencana mengakhiri penjualan mesin mobil konvensional pada 2040, prospek perpanjangan kontrak pun menjadi tidak terlihat.

 

Tag : Jaguar Land Rover
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top