Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch: Ponsel Pintar Bisa Jadi Kunci Mobil

Bosch menciptakan teknologi yang memungkinkan ponsel pintar berfungsi selayaknya kunci mobil. Cara kerjanya terbilang sederhana karena menggunakan sensor seperti kendaraan yang sudah menerapkan teknologi keyless.
Tampilan aplikasi Perfectly Keyless di ponsel pintar - Bosch
Tampilan aplikasi Perfectly Keyless di ponsel pintar - Bosch

Bisnis.com, JAKARTA – Bosch menciptakan teknologi yang memungkinkan ponsel pintar berfungsi selayaknya kunci mobil. Cara kerjanya terbilang sederhana karena menggunakan sensor seperti kendaraan yang sudah menerapkan teknologi keyless.

Harald Kröger, presiden divisi Bosch Automotive Electronics menjelaskan saat pengemudi mendekati mobil dengan ponsel pintar yang sudah didaftarkan, kendaraan akan mengenali. “Begitu identifikasi berhasil, mobil akan langsung terbuka tanpa perlu menggunakan kunci fisik. Kunci fisik juga tidak dibutuhkan untuk menghidupkan mesin atau mengunci pintu mobil di akhir perjalanan,” ujar Kröger dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (23/9/2017).

Pemilik kendaraan juga bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk memberikan izin kepada pengemudi lain yang akan menggunakan kendaraan mereka. Melalui proses yang terlindungi dari akses tak sah, kunci virtual tambahan kemudian akan dikirim melalui komputasi awan ke ponsel pintar lain. Ini memungkinkan penyedia layanan mobil berbagi dengan operator armada kendaraan untuk mengelola akses serta kunci secara fleksibel.

Bosch menamai teknologi kunci mobil digital ini Perfectly Keyless. Pemilik kendaraan cukup mengunduh aplikasi dan kemudian menghubungkan ponsel pintar ke mobil.

Selanjutnya, ponsel pintar akan memberikan kunci keamanan sekali pakai yang sesuai dengan pengunci digital dari masing-masing kendaraan. Perfectly Keyless menggunakan koneksi nirkabel ke sensor yang terdapat di mobil untuk mengetahui seberapa jauh ponsel pintar berada, dan mengidentifikasi kunci keamanan.

Apabila pengunci kendaraan telah dibuka, pengaturan individu yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti sudut spion dan posisi bangku kemudi, segera diaktifkan. Apabila Perfectly Keyless mendeteksi keberadaan smartphone di dalam mobil, sebuah sentuhan pada tombol start-stop saja, sudah dapat langsung menghidupkan mesin. Saat pengemudi keluar dari mobil di akhir perjalanan, sistem terus mengawasi keberadaan ponsel secara virtual. Saat pengemudi dan ponselnya sudah berjarak 2 meter lebih dari kendaraan, secara otomatis mobil akan terkunci. Sistem kemudian mengirimkan pemberitahuan ke ponsel pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper