Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lokal Konten dan SDM Jadi Kunci Peningkatan Daya Saing

Lokal konten dan sumber daya manusia (SDM) menjadi dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini pemerintah tengah mendorong peningkatan di dua hal tersebut.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 22 September 2017  |  09:29 WIB
Lokal konten dan sumber daya manusia (SDM) menjadi dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.
Lokal konten dan sumber daya manusia (SDM) menjadi dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

Bisnis.com, JAKARTA - Lokal konten dan sumber daya manusia (SDM) menjadi dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini pemerintah tengah mendorong peningkatan di dua hal tersebut.

Dengan peningkatan kualitas SDM, maka kemampuan untuk berkreasi dan mengembangkan produk akan semakin meningkat. Alhasil, potensi peningkatan kandungan dalam negeri akan lebih besar.

"SDM dan kandungan lokal itu penting untuk Indonesia. Karena kita sekarang sudah termasuk ke dalam negara yang global manufacturing, atau negara manufaktur besar," katanya.

Dia menambahkan, industri alat transportasi, termasuk di dalamnya kendaraan bermotor, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi nasional. Pasalnya, multiplier efek yang ditimbulkan industri ini cukup besar.

Direktur Administrasi, Corporate dan External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam menambahkan, pemerintah harus melakukan pembinaan terhadap SDM sektor otomotif sesuai dengan arah kebijakan industri ini ke depan.

Dia mencontohkan rencana pengembangan kendaraan bertenaga listrik. Menurutnya pemerintah tidak hanya harus memyiapkan infrastruktur, melainkan juga kemampuan tenaga kerja lokal.

"Kalau kebijakannya seperti itu, SDM sudah ada pelatihan apa belum? Jangan sampai nanti setelah program jalan tenaga kerja lokal malah tidak diberdayakan," kata dia.
Menurutnya, otomotif merupakan sektor industri yang terus mengalami kemajuan teknologi. Dengan demikian, peningkatan kualitas atau kompetensi tenaga kerja juga harus dilakukan dengan perencanaan dan pentahapan yang baik.

"Kalau SDM tidak disiapkan, kita bisa hanya menjadi pasar. Kalau di otomotif yang terpenting menyiapkan tenaga kerja untuk masa depan, karena perubahan teknologi sangat cepat."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KemandirianOtomotif
Editor : MediaDigital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top