Mengintip 10 Mesin Teknologi Canggih Karoseri Laksana Bus

Laksana Bus, perusahaan karosori yang berbasis di Ungaran, Semarang, Selasa (12/9/2017) merayakan ulang tahun ke-40 tahun. Pada kesempatan tersebut, perusahaan menunjukkan teknologi terbarunya. Sedikitnya ada 10 mesin dengan teknologi otomatis, semi-otomatis, dan mesin yang bekerja dengan sistem terkomputerisasi.
Fatkhul Maskur | 18 September 2017 08:40 WIB
Proses produksi bus di Karoseri Laksana di Ungarang, Semarang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Laksana Bus, perusahaan karosori yang berbasis di Ungaran, Semarang, Selasa (12/9/2017) merayakan ulang tahun ke-40 tahun. Pada kesempatan tersebut, perusahaan menunjukkan teknologi terbarunya kepada para pelanggan dan wartawan.

Sedikitnya ada 10 mesin dengan teknologi otomatis, semi-otomatis, dan mesin yang bekerja dengan sistem terkomputerisasi. Berikut ini adalah mesin yang digunakan oleh perusahaan karoseri dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia.

1. Mesin CNC Turret Yawei Nisshinbo

Mesin punch 100% otomatis dari China yang digunakan untuk melubangi dan membentuk profil pada pelat sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Beberapa contoh panel di dalam bus yang diproduksi menggunakan mesin ini adalah panel ram inlet AC, panel radiator, panel air intake mesin, dan lainnya.

2. Mesin CNC Turret Prima Power

Mesin punch 100% otomatis dari Finlandia yang digunakan untuk melubangi dan membentuk profil pada pelat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Beberapa contoh panel di dalam bus yang yang diproduksi menggunakan mesin ini adalah panel ram inlet AS, panel radiator, panel air intake mesin, dan lainnya.

3. Mesin Bending Safan Darley

Mesin bending pelat dari Belanda yang terkomputerisasi dan semi-otomatis sehingga dapat menekuk pelat secara konsisten dengan kepresisian yang tinggi.

Sebagian besar komponen pelat (panel-palenl dan braket) yang ada di dalam bus ditekuk dan dibentuk menggunakan mesin ini.

4. Mesin Bending Hidrolis Yawei

Ini adalah mesin alat bending pelat. Mesin ini dapat menekuk hingga ketebatal 4,8 mm dan pajang 900mm. Hasil dari kerja mesin ini digunakan untuk menyambung chassis.

5. Mesin CNC Bending Yawei (Bending)

Mesin bending pelat dari China yang terkomputerisasi dan semi-otomatis sehingga dapat menekuk pelat secara konsisten dengan kepresisian yang tinggi.

Sebagian besar komponen pelat (panel-panel dan braket braket) yang ada di dalam bus ditekuk dan dibentuk menggunakan mesin ini.

6. Mesin Press Nut Haeger

Ini adalah assy bracket dengan nut. Mesin press baut dan mur untuk mendukung pembuatan komponen panel-panel bus dehingga tetap terjaga kepresisiannya dan kekuatan saat proses pemasangan.

7. Mesin Folding 14M (Origami)

Mesin ini berfungsi untuk menekuk dan memotong pelat yang panjanganya mencapai 12 meter. Mesin ini bekerja dengan program komputerisasi sehingga hasilmya sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Mesin ini juga bisa digunakan untuk menekuk dan memotong pelatu yang panjangnya leboih dari 3 meter. Hasil dari kerja mesin ini adalah bagian atap samping bus, dan lambung atas bus.

8. Mesin Laser Cutting Salvagnini

Mesin ini bekerja dengan sistem potong menggunakan laser untuk pelat SS, aluminium, dan mid steel. Mesin laser dari Italia ini menggunakan teknologi fiber optik sehingga memberikan tingkat kepresisian yang sangat tinggi.

Mesin Laser Cutting Salvagnini digunakan untuk melakukan pemotongan berbagai tipe pelat. Sebagian besar panel pelat yang terpasang pada setiap unit bus yang diproduksi, dipotong menggunakan mesin ini.

9. Mesin Laser Cutting Trup

Mesin ini bekerja dengan sistem potong menggunakan laser untuk pelat SS, aluminium, dan mid steel. Mesin laser ini didatangkan dari Jerman dengan teknologi fiber optik sehingga memberikan tingkat kepresisian yang sangat tinggi.

Mesin Laser Cutting Trup digunakan untuk melakukan pemotongan berbagai tipe pelat. Sebagian besar dari panel pelat yang terpasang pada setiap unit bus yang diproduksi, dipotong menggunakan alat ini.

10. Mesin Bending Pipa CNC

Mesin roll bending ini dijalankan dengan komputerisasi (program). Mesin ini menghasilkan produk menjadi bentuk kurva yang dihasilkan sesuai dengan gambar yang diinginkan. Mesin ini mampu mengerjakan kurva-kurva yang variatif.

Hasil dari mesin ini di antaranya adalah bagian atap samping bus, rangka dasboard, rangka pilar utama, dll.

Tag : industri otomotif, pabrik mobil, Karoseri Laksana
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top