Porsche Luncurkan Velg Karbon

Porsche meluncurkan velg ringan dengan teknologi braided carbon fibre. Sekarang velg ini tersedia sebagai opsi untuk Porsche 911 Turbo S Exclusive Series.
Muhammad Khadafi | 27 Agustus 2017 14:05 WIB
Velg braided carbon fibre Porshce untuk Porsche 911 Turbo S Exclusive Series - Bisnis.com / Porsche Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Porsche meluncurkan velg ringan dengan teknologi braided carbon fibre. Sekarang velg ini tersedia sebagai opsi untuk Porsche 911 Turbo S Exclusive Series.

Secara keseluruhan, velg ini berbobot sekitar 8,5 Kg, atau 20% lebih ringan dari velg biasa. Velg ini juga diklaim 20%lebih kuat.

Velg diproduksi seluruhnya dari Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP), dan pada dasarnya terdiri dari dua komponen. Bagian tengah velg terbuat dari serat karbon. Hal ini melibatkan pemotongan dan perakitan lebih dari 200 komponen tersendiri.

Komponen selanjutnya adalah rim base yang terbuat dari carbon fibre yang di rajut (braided) dengan mesin terbesar di dunia dengan diameter sekitar 9 meter.

“Bagian tengah velg kemudian di rajut ke rim base. Velg yang telah dirakit kemudian dipadatkan dengan resin dan dikeraskan dalam tekanan dan suhu tinggi. Velg yang telah selesai dikeraskan pada suhu tinggi tersebut kemudian dilanjutkan ke proses pendinginan dengan durasi yang lama.Centre lock kemudian dimasukkan ke dalam velg yang sudah jadi dan dilindungi dengan vernis bening,” demikian keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (27/8/2017).

Teknologi rajut menawarkan keuntungan utama dibandingkan metode pembuatan bahan serat karbon melalui proses pemadatan (pre-impregnated) yang konvensional. Teknik produksi ini menghasilkan struktur material karbon yang jauh lebih padat dan lebih solid.

Sejak awal 2018, velg karbon ini akan tersedia sebagai pilihan untuk 911 Turbo S Exclusive Series dalam dimensi 9 J x 20 untuk roda depan dan 11,5 J x 20 untuk roda belakang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
porsche

Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top