GIIAS 2017: Garap Lagi Pasar Truk, Ini 10 Strategi Sales dan Aftersales Hyundai Oto

Setelah hampir 3 tahun tak lagi memasok truk baru ke pasar Indonesia, Hyundai Motors akan kembali menggarap pasar dengan dua model truk ringan All New Mighty dan truk berat Xcient.
Fatkhul Maskur | 19 Agustus 2017 13:55 WIB
Hyundai All New Almighty. - Bisnis.com /Fatkhul Maskur

Bisnis.com, TANGERANG - Setelah hampir 3 tahun tak lagi memasok truk baru ke pasar Indonesia, Hyundai Motors akan kembali menggarap pasar dengan dua model truk ringan All New Mighty dan truk berat Xcient.

Tak tanggung-tanggung, agen pemegang merek PT Hyundai Oto Komersial Indonesia menargetkan penjualan di tahun pertama sebanyak 1.000 unit kendaraan. Keduanya akan dirakit di Indonesia.

Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager PT Hyundai Oto Komersial Indonesia, mengatakan perusahaan tidak hanya menyiapkan strategi produk untuk menggarap pasar Indonesia, tetapi juga layanan penjualan dan program aftersales.

"Kami siap membuka sepuluh dealer di sejumlah kota besar, dan sepuluh program layanan aftersales," ujar Ari pada acara Bedah Produk Aftersales Hyundai di sela-sela GIIAS 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat (18/8/2017).


Dia mengatakan kesepuluh dealer Hyundai Oto yang akan dibangun itu untuk memenuhi permintaan yang relatif besar itu.

1. Jabodetabek I
2. Jabodetabek II
3. Jawa Barat I, Bandung/Tasikmalaya
4. Jawa Barat II, Cirebon
5. Jawa Tengah, Semarang
6. Jawa Timur, Surabaya
7. Sumatra, Pekanbaru
8. Kalimantan, Pontianak
9. Sulawesi I, Makassar
10. Sulawesi II, Manado



Selain itu, Hyundai Oto juga menyiapkan strategi program aftersales yang dinilainya menjadi salah satu kunci untuk mencapai target.

  1. Free Service 2x. Layanan ini mencakup bebas biaya jasa dan penggantian komponen atau suku cadang.
  2. Garansi 3 Tahun atau 60.000 km. Program garansi ini tergantung yang mana tercapai lebih dulu.
  3. Pelayanan Service Kunjungan. Program ini akan diberikan kepada pelanggan. Untuk area di luar Jabodetabek akan disediakan 1 orang teknisi yang akan melayani mereka.
  4. Kontrak Service. Kontrak ini dibuat berdasarkan kebutuhan. Program ini diberikan khusus bagi pembelian unit dalam jumlah tertentu.
  5. Bantuan Teknisi dan Konsultasi. Bantuan diberikan untuk mengatasi kendala atau masalah teknis yang dihadapi pelanggan. Layanan ini diberikan secara gratis. Hyundai Oto siap mengirimkan personalnya apabila diperlukan.
  6. Training Driver dan Teknisi. Ini dilakukan mengingat setiap kendaraan memiliki ciri tersendiri. Beda kendaraan biasanya beda handling.
  7. Link Part. Hyundai akan meminjamkan suku cadang apabila kendaraan mengalami breakdown penggantian atau perbaikan komponen. Ini untuk meminimalkan waktu tunggu operasi kendaraan.
  8. Gudang Lokal di 5 Kota Besar. Ini digunakan sebagai sentral distribusi suku cadang, untuk memastikan ketersediaan komponen yang dibutuhkan pelanggan.
  9. Part Shop. Hyundai akan bekerja sama dengan toko-toko suku cadang di berbagai daerah untuk memudahkan ketersediaan komponen.
  10. Rekondisi untuk Pelanggan Lama. Hyundai Oto akan melayani kebutuhan peremajaan kendaraan yang sebelumnya dipasarkan oleh PT Korindo, baik dari aspek penyediaan suku cadang maupun service.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hyundai, GIIAS 2017

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top