GIIAS 2017: Dari Artis Hingga Pemijat Rasakan Efek Domino

Tidak hanya perusahaan otomotif dan industri turunannya yang mendulang pesanan di perhelatan otomotif Indonesia berskala internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, tetapi juga industri pendukung lainnya ikut happy karena mendapatkan pesanan yang lumayan signifikan.
Yusran Yunus | 18 Agustus 2017 09:11 WIB
Aksi panggung legenda band rock Indonesia, God Bless

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya perusahaan otomotif dan industri turunannya yang mendulang pesanan di perhelatan otomotif Indonesia berskala internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, tetapi juga industri pendukung lainnya ikut happy karena mendapatkan pesanan yang lumayan signifikan.

Para artis misalnya, hanya tampil dalam durasi yang singkat di booth-booth agen pemegang merek/agen tunggal pemegang merek (APM/ATPM), sudah mendapatkan pendapatan lumayan 'nendang'.

"Kami-kami artis sangat senang mendapat kesempatan untuk tampil di event otomotif seperti ini. Selain bisa menunjukkan karya dan menjumpai penggemar, tentu mendapatkan penghasilan. Mudah-mudahan industri otomotif Indonesia terus berkembang, sehingga secara tidak langsung pun bisa ikut memajukan industri pendukung lainnya seperti industri musik," kata Rapper terkenal, Joshua Matulessy (JFlow) kepada Bisnis sebelum tampil menghibur pengunjung booth Suzuki di GIIAS 2017, Kamis malam (17/8/2017).



JFlow berharap pemerintah dapat terus membantu industri otomotif nasional untuk terus bergerak maju ke depan mengejar ketertinggalannya dari negara-negara maju lainnya di dunia, sehingga industri pendukung yang tidak terkait langsung maupun terkait langsung dengan otomotif, bisa ikut berkembang dan memberikan kontribusi maksimal kepada perekonomian nasional.

"Kalau event-event seperti ini sering dilakukan, akan sangat membantu industri musik nasional dan terjadi saling mendukung antar industri demi memajukan perekonomian nasional".

Selama penyelenggaraan GIIAS, Suzuki menampilkan beberapa artis ternama guna menghibur pengunjung yang datang ke booth Suzuki diantaranya God Bless, DJ Yasmin, Mahesa Utara, JFlow dan penyanyi cantik, Raisa yang rencananya akan manggung pada Sabtu, 19 Agustus.

Di arena GIIAS, ada begitu banyak industri yang tidak terkait langsung dengan otomotif, ikut mendapatkan efek domino (multiplier effect). Selain artis, industri penunjang lain yang menikmati limpahan pemesanan antara lain sales promotion girl (SPG),  master of ceremony (MC), kontraktor/pengembang booth, sound system, pedagang kuliner hingga pada office boy kontrak musiman dan pemijat.

Saiful, pemijat yang sehari-hari membuka usaha pijat refleksi di kawasan Jakarta Selatan, mengaku senang mendapatkan kontrak di press room Suzuki GIIAS 2017.

"Kalau biasanya dalam sehari kami hanya mendapat pelanggan 4 orang, di GIIAS ini kami kewalahan melayani pelanggan yang jumlahnya bisa lebih dari 10 orang. Ini pertama kali mendapat kontrak selama 11 hari di pameran besar seperti GIIAS ini," ungkapnya.

Sebanyak 32 brand otomotif ikut serta dalam GIIAS 2017 yang diselenggarakan pada 10-20 Agustus di ICE BSD Ciry, Tangerang, Banten.

Ke-32 brand otomotif tersebut terdiri dari 24 merek kendaraan penumpang yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW dan Wuling.

Kemudian ada 8 merek kendaraan niaga yakni DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus and Truck, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, UD Truck.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
GIIAS 2017

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top