Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Produksi Sedan Masih Minim

Target produksi kendaraan segmen sedan yang dipatok pemerintah terbilang sangat rendah, yakni hanya sebanyak 110.000 unit pada 2020. Padahal, target produksi yang ditetapkan sebanyak 2,5 juta unit.
Chevrolet Impala/Ilustrasi-en.wikipedia.org
Chevrolet Impala/Ilustrasi-en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Target produksi kendaraan segmen sedan yang dipatok pemerintah terbilang sangat rendah, yakni hanya sebanyak 110.000 unit pada 2020. Padahal, target produksi yang ditetapkan sebanyak 2,5 juta unit.

Dari data yang dirilis Kementerian Perindustrian, pada tahun lalu total penjualan sedan tercatat sebanyak 13.832 unit. Secara persentase, kenaikan pasar sedan memang cukup signifikan. Namun, secara komposisi angka tersebut masih kecil dibandingkan segmen lain.

Padahal, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tengah mengupayakan penurunan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBm) sebagai upaya untuk merangsang produksi dan penjualan kendaraan jenis ini.

"Nanti bisa dikoreksi setelah rumusan pajak yang baru disetujui oleh pemerintah," kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Alektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan kepada Bisnis, Senin (15/5/2017).

Angka 110.000 unit hanya menyumbang sekitar 4,4% dari total market share pada 2020. Dari draf salinan komposisi pasar kendaraan 2020 yang dirilis Kementerian Perindustrian, target terbesar ada pada kendaraan penumpang segmen non sedan dengan roda penggerak 4x2 yakni sebanyak 1,35 juta unit dengan market share 54%.

Adapun target untuk segmen lain masih di bawah kendaraan sedan, yakni sport utility vehicle (SUV) 4x4 ditargetkan sebanyak 150.000 unit dengan market share 6%, kendaraan ramah lingkungan harga terjangkau atau low cost green car (LCGC) sebanyak 450.000 unit dengan market share 18%.

Secara total, pasar kendaraan penumpang pada 2020 ditargetkan sebanyak 2,06 juta unit atau dengan market share sebesar 82,4%. Adapun sisanya yakni 17,6% atau 440.000 unit merupakan kendaraan komersial yang terdiri dari pikap/truk sebanyak 425.000 unit dan bus sebanyak 15.000 unit.

Putu menambahkan, pemerintah memang memprioritaskan pengembangan kendaraan bermotor ke arah kendaraan penumpang yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, denban fuel economy tinggi.

Ini sesuai dengan arah pengembangan kendaraan bermotor global yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus ekspor

. "Sehingga targer 2 juta sampai 2,5 juta unit kendaraan kami harapkan bisa tercapai."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper