Berencana ke IIMS 2017? Ini Petunjuk Lengkapnya Dan Mobil Terbaru

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu menjadi momentum para agen pemegang merek (APM) dalam memperkenalkan produk-produk terbaru bagi para penggemar otomotif di Tanah Air.nn
Wike Dita Herlinda | 28 April 2017 17:49 WIB
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu menjadi momentum para agen pemegang merek (APM) dalam memperkenalkan produk-produk terbaru bagi para penggemar otomotif di Tanah Air.

Tahun ini, dengan mengusung tema besar The Essence of Motor Show, IIMS 2017 pun kembali dibanjiri produk-produk terbaru yang membetot perhatian masyarakat, baik umum maupun penggila otomotif.

“Dengan berbagai acara menarik di setiap penyelenggaraan IIMS, pengunjung yang datang akan menjadi pasar potensial bagi para peserta IIMS 2017 kali ini,” papar Direktur PT Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS 2017, Jumat (28/4/2017).

Lalu, apa saja yang harus diantisipasi oleh masyarakat umum yang tertarik untuk menghadiri IIMS 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta? Apa saja highlight serta luncuran terbaru dari produk-produk otomotif merek ternama? Berikut ulasannya:

Sama sepertti sebelumnya, IIMS diadakan pada semester pertama selama 11 hari, yaitu 27 April hingga 7 Mei dan menggunakan seluruh areal JIExpo seluas 100.000 meter persegi; terbagi atas 46.000 meter persegi areal indoor dan 54.000 meter persegi areal outdoor.

IIMS 2017 mengusung tema besar The Essence of Motor Show

Agar tidak kebingungan saat menghadiri areal pameran IIMS di JIExpo, pastikan untuk mengetahui denah dari peserta yang ingin dikunjungi. Hall A dan hall D didominasi oleh APM kendaraan roda empat terbesar di Tanah Air.

Di antaranya adalah PT KIA Mobil Indonesia (KIA), PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki), PT General Motors Indonesia (Chevrolet), dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (Mitsubishi).

Lalu, PT Mercedes-Benz Indonesia (Mercedes-Benz), PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda), PT Hyundai Mobil Indonesia (Hyundai), PT BMW Indonesia (BMW), PT Garuda Mataram Motor (VW dan Audi), PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu), PT Toyota Astra Motor (Toyota), PT Honda Prospect Motor (Honda), dan PT Tata Motor Indonesia (Tata).

Sementara itu, MINI ikut berpartisipasi melalui PT Maxindo International Nusantara Inda. Di hall A juga tampak mobil-mobil dari Nissan, Datsun, dan Renault yang diboyong PT Indomobil Trada Nasionals, serta Jeep dan Dodge dari masing-masing APM-nya.

Adapun, merek-merek kendaraan roda dua yang terlihat di hall A dan D a.l. PT Maxindo Moto (BMW Motorrad) dan PT Astra Honda Motor (Honda). Ada juga Piaggio, Vespa, Aprillia, dan Moto Guzzi yang dihadirkan PT Premier International.

Bergeser ke hall B, tampak jajaran kendaraan roda dua dari PT Kawasaki Motor Indonesia (Kawasaki), PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha), PT Distributor Motor Indonesia (Royal Einfield), dan PT Smart Motor Indonesia (Kymco).

Sekadar catatan, IIMS tahun lalu berhasil mendatangkan 454.178 pengunjung dan menampilkan 54 merek kendaraan dari lebih 250 perusahaan peserta pameran. Panitia mencatat ada 11.275 unit kendaraan (10.591 unit mobil dan 684 unit motor) dengan total transaksi Rp3,1 triliun.

PRODUK TERBARU

Bagi pengunjung yang mengincar keluaran-keluaran kendaraan roda empat dan roda dua terbaru di IIMS 2017, berikut produk-produk yang bisa diantisipasi dari merek-merek ternama di Indonesia:

Toyota

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memboyong 20 produk dari 13 model andalannya, baik dari segmen kendaraan penumpang maupun komersial. Produk unggulan yang ditampilkan adalah Toyota New AGYA yang baru dilansir pada 7 April.

Gambar terkait

Mobil tersebut hadir dengan tema Have Fun Go Max dan mendapatkan respons cukup baik dari konsumen. President Director TAM Yoshihiro Nakata mengatakan jumlah pesanan pelanggan untuk New AGYA hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 2.600 unit.

Mitsubishi

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan tiga produk dengan tema Brand New Excellence of Mitsubishi Motors. Mereka a.l. Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate, New Triton dengan perubahan minor, dan New Triton GLX 4x2 Single Cabin.

Hasil gambar untuk Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate

“Kami ingin memperkenalkan produk kendaraan penumpang baru Mitsubishi yang mendapatkan pengembangan dan menyosialisasikan kembali kendaraan-kendaraan yang selama ini hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat,” jelas Direktur Divisi Marketing MMKSI, Irwan Kuncoro.

Honda

Salah satu bintang pameran IIMS 2017 hadir di booth PT Honda Prospect Motor dengan All New Honda CR-V yang mengusung mesin baru 1,5 liter VTEC Turbo. Mobil tersebut hadir dengan desain baru pada lampu depan serta lampu belakang.

Hasil gambar untuk All New Honda CR-V

“All-new CR-V hadir dengan desain  yang berkarakter, serta performa semakin bertenaga yang disertai ruang kabin berkapasitas 7 penumpang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” ujar Presiden Director PT HPM Takehiro Watanabe.

KIA

PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menghadirkan generasi terbaru hatchback andalannya yaitu KIA All new Rio. Generasi ke-4 KIA Rio ini lebih segar dan agresif dengan gril tiger nose terbaru dan terintegrasi dengan lampu depan baru (Bi Function Headlamp) dan DRL LED.

Hasil gambar untuk KIA All new Rio

"KIA Rio kini hadir lebih dewasa dan lebih stylish. Harapan kami semoga KIA Rio generasi keempat ini semakin diterima oleh masyarakat Indonesia," tegas Iki Wibowo selaku Presiden Direktur KMI.

Suzuki

Setelah absen di ajang IIMS tahun lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dengan mengusung tema The Urban SUV. Tema ini tak lepas dari kehadiran produk baru Suzuki, yaitu Suzuki IGNIS yang baru saja diluncurkan pada 17 April.

“Dalam IIMS 2017 ini, kami menghadirkan produk terbaru yang memiliki beragam keunggulan. Kami yakin dan optimis produk yang kami tampilkan di booth Suzuki mampu menarik pengunjung untuk mengenal Suzuki lebih jauh serta mampu menjawab kebutuhan mereka dalam berkendara yang nyaman dan aman,” papar Donny Saputra, 4W Marketing Director, PT SIS.

Audi

PT Garuda Mataram Motor, APM Audi di Indonesia meluncurkan model terbaru Audi – The New Audi A5 Coupe. Mobil dua pintu dengan desain yang sophisticated ini diklaim memiliki sosok paling sporty di kelasnya.

Hasil gambar untuk The New Audi A5 Coupe

“Keunggulan desain Audi yang inovatif dan progresif serta teknologi terkini menjadi komitmen kami untuk menawarkan produk terbaik bagi konsumen di Indonesia ,” ujar CEO PT Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri.

Chevrolet

Di hari pembukaan IIMS 2017 pada Kamis (27/4/2017), PT General Motors Indonesia (GMI) meluncurkan double cabin unggulannya, All-new Chevrolet Colorado.

Sosoknya kini semakin gagah berkat desain yang menarik, berpadu dengan performa mesin luar biasa, handling sempurna dan kemampuan off-road yang tangguh. Varian Colorado High Country yang ditampilkan mengusung mesin Duramax 2,8 liter terbaru dengan Variable Geometry Turbodiesel (VGT), dan dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-speed.

Hasil gambar untuk colorado high country 2017

“Kami yakin produk baru ini akan menarik lebih banyak pelanggan untuk datang dan menikmati Colorado yang baru, yang memberikan performa terbaik untuk kedua operasi bisnis di berbagai sektor industri dan juga penggemar off-road,” ujar Gaurav  Gupta, President Director GMI.

BMW

Di  BMW Pavilion, hall D, JIExpo, BMW Indonesia menampilkan produk saloon premium terbarunya, All new BMW 740Li yang telah dirakit di Indonesia. Dalam peluncuran resmi itu, BMW memperkenalkan 740Li rakitan Indonesia ini dengan fungsionalitas dan teknologi inovatif, khususnya Remote Control Parking.

 Hasil gambar untuk All new BMW 740Li

Foto:BMWblog

“Model baru yang inovatif ini memiliki posisi menonjol di segmen sedan mewah dengan kenyamanan jarak jauh, kedinamisan berkendara, efisiensi mengagumkan dan fitur teknologi terdepan,” ujar President Director of BMW Group Indonesia Karen Lim.

Mazda

Menyusul peluncuran resmi distributorship mobil Mazda di Indonesia yang berlangsung 14 Maret, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) tampil untuk pertama kali di ajang IIMS 2017. Dalam penampilan perdana ini, Mazda menampilkan empat model unggulannya yaitu Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda 2 serta Mazda Biante.

 Hasil gambar untuk Mazda CX-3

Foto: Mazda CX 3/Mazda UK

“Hari ini menandai debut kami di IIMS sebagai distributor mobil Mazda di Indonesia. Partisipasi kami menunjukkan komitmen PT Eurokars Motor Indonesia dan niat serius kami dalam membangun dan memperkuat merek Mazda di Indonesia,” ujar Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI.

MINI

Berdampingan dengan sang induk BMW Group, MINI Pavilion dibuka di ajang IIMS 2017 dengan menampilkan MINI Lifestyle Collection 2017-2018. Sebagai  bintangnya, tampil produk teranyar MINI yaitu New MINI Countryman. Lebih dari 50 produk koleksi terbaru MINI Lifestyle hadirkan berbagai pilihan pakaian, tas dan produk menarik lainnya.

“Selama IIMS 2017, para pengunjung MINI Pavilion dapat memaksimalkan pengalaman akan keseruanberkendara go-kart khas MINI. Mulai dari keperluan gaya hidu hingga rangkaian kendaraan model MINI yang tersedia di Indonesia, termasuk New MINI Countryman,” ujar Karen Lim, President Director of BMW Group Indonesia.

Mercedes-Benz

Tampil dengan booth terbesar selama keikutsertaan di IIMS, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menampilkan 19 model kendaraan Mercedes-Benz di boothnya. Salah satu model terbaru yang diperkenalkan pada hari pertama IIMS 2017 adalah SUV premium New Mercedes-Benz GLC Coupe. Varian GLC Coupe yang tersedia di Indonesia adalah GLC 300 Coupe AMG Line.

Hasil gambar untuk New Mercedes-Benz GLC Coupe

Foto: New Mercedes-Benz GLC Coupe/Mercedes-Benz

“GLC Coupe mencerminkan desain coupe ikonik Mercedes-Benz serta melambangkan bipolaritas merek kami, ‘hot and cool’,” ujar Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT MBDI.

“Dengan bahasa desain kemurnian sensual, kendaraan ini mewujudkan filosofi gaya kami dengan sempurna sekaligus mewakili kemewahan kontemporer.”

Tata Motors

Tampil sebagai satu-satunya merek kendaraan komersial, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan dua produk unggulannya yaitu Tata Super Ace HT DLS dan Tata Xenon HD.

 Varian Tata Super Ace High Torque (HT) DLS yang ditawarkan memiliki keunggulan performa menanjak dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

 “Tata Super Ace HT kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen kami akan kendaraan yang tangguh untuk menghadapi tanjakan terjal. Dengan konsumsi bahan bakar yang irit dan torsi yang besar dari mesin diesel yang baru, kami yakin Super Ace HT DLS dapat mengubah dinamika pasar pikap berkapasitas angkut 1 ton,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

TMDI juga memperkenalkan Tata Xenon HD (Heavy Duty). Xenon HD adalah penerus dari pikap Tata Xenon RX yang memakai mesin diesel berkapasitas 3.000 cc.

Yamaha

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan dua varian produk motor sport terbaru yaitu Yamaha All-new Vixion dan All-new Vixion R di IIMS 2017. Motor ini menggunakan mesin baru yang lebih tahan lama dengan mesin 150 cc LC4V dengan fitur assist & slipper clutch.

Royal Einfield

Melalui dealer eksklusifnya, PT Distributor Motor Indonesia, Royal Einfield memperkenalkan salah satu produk terpopulernya yaitu Classic 350 dalam tiga varian, yaitu Redditch Red, Redditch Green dan Redditch Blue di IIMS 2017.

Seluruh varian motor Classic 350 yang diperkenalkan ini terinspirasi dari skema cat pada motor Royal Einfield era ‘50-an yang diproduksi di Redditch, kota kelahiran Royal Einfield.

Honda

Menempati booth bersama Honda mobil, PT Astra Honda Motor ini meluncurkan skutik premium bergaya Eropa, Honda SH150i. AHM juga memperkenalkan motor besar Honda CB650F yang lebih bertenaga dan kaya fitur. Dengan mesin baru DOHC 4-silinder 650 cc, motor ini diklaim dapat semakin memacu adrenalin pengendaranya.

BMW Motorrad

Maxindo Moto, selaku importit dan distributor resmi BMW Motorrad di Indonesia memperkenalkan tiga produk terbarunya di Indonesia. Ketiga produk tersebut adalah BMW G310R, BMW R NineT Racer dan BMW R 1200GS Rallye.

 Selain ketiga produk baru tersebut, BMW Motorrad juga memperkenalkan seluruh line-up tahun 2017 yang dijual di Tanah Air.

Tag : iims, otomotif
Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top