Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beleid Euro 4 Terbit, Gaikindo Lega

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut baik terbitnya Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 30 Maret 2017  |  21:47 WIB
Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/5/2015). - JIBI/Dwi Prasetya
Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/5/2015). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut baik terbitnya Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan.

"Alhamdulillah sudah diterbitkan," kata Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto saat dihubungi Bisnis, Kamis (30/3/2017).

Gaikindo memang telah berulang kali meminta kepada pemerintah untuk memberlakukan Euro 4 ini. Tujuannya, untuk meningkatkan volume ekspor serta meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang menerapkan standar emisi Euro 2, sehingga menghambat laju ekspor, mengingat mayoritas negara tujuan menerapkan standar Euro 4 dan Euro 5.

"Ekspor selain tergantung produk juga emisi yang diterapkan," ujarnya.

Penerapan Euro 4 ini akan menekan ongkos produksi. Sebelumnya, produsen selalu memproduksi sebuah mobil dalam dua jenis, yakni Euro 2 untuk pasar domestik dan Euro 4 untuk pasar ekspor.

Dalam Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/2017, kendaraan diwajibkan menggunakan bahan bakar dengan research octane number (RON) minimal 92 atau sulfur maksimum 50 ppm.

Untuk kendaraan yang saat beredar pemerintah memberikan waktu 2 tahun untuk melakukan penyesuaian, dan waktu 4 tahun untuk mobil diesel. Adapun untuk produk baru, wajib menerapkan standar ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaikindo beleid tembakau
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top