Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Tips Belanja Online

Menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai perusahaan ecommerce lokal maupun asing berlomba-lomba untuk melakukan promosi untuk menarik pelanggan yang dengan ratusan pilihan.
Ecommerce/alleywatch.com
Ecommerce/alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA—Menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai perusahaan ecommerce lokal maupun asing berlomba-lomba untuk melakukan promosi untuk menarik pelanggan yang dengan ratusan pilihan.

Namun, sebagai pelanggan yang pintar perlulah berhati-hati memilih tempat berbelanja yang tepat agar tidak hanya mendapatkan harga terbaik dan memperoleh banyak manfaat. Untuk itu, MatahariMall.com dalam siaran persnya, Rabu (8/6/2016) memberikan tujuh tips kepada pelanggan e-commerce agar dapat berbelanja secara aman dan nyaman.

Selidiki Situs Belanja Online

Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan. Riset berdasarkan Alexa.com yang dapat menunjukkan beberapa situs belanja online ternama.

Cek Koleksi dan Bandingkan Harga

Bagi customer yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi yang beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang tepat.

Pilihan Alternatif Untuk Metode Pembayaran

Kini, situs-situs belanja online semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah. Bila merasa ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, pilihlah situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery).

Metode Pengiriman Barang

Ketika berbelanja online, seorang pelanggan harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs belanja online. Sekalipun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.

Memperhitungkan diskon dan promosi

Di bulan Ramadhan, ini banyak situs online yang menawarkan berbagai macam diskon dan promosi khusus. Customer harus cermat memilih situs berbelanja yang mampu memberikan harga terbaik, sebut saja gadget yang dijual seharga Rp1,6 juta pada sebuah situs, dijual seharga 1,8 juta di situs lainnya dengan menyediakan diskon khusus, dan harganya menjadi Rp1,4 juta saja. Oleh karena itu, metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, customer sering kali mengabaikan keberadaannya.

Berlangganan newsletter dan mengikuti akun media sosial eCommerce favorit

Pengunjung situs berbelanja online seringkali dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganan newsletter. Rupanya, bagi individu-individu yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, customer dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut. Fitur ini juga mempermudah customer dalam membandingkan harga antara eCommerce satu dengan yang lainnya.

Mencari program kejutan yang menyenangkan

Selama bulan Juni 2016, situs-situs e-commerce akan memanjakan pelanggan dengan potongan harga gila-gilaan untuk beberapa barang pilihan yang tersedia dalam jumlah terbatas.

Bila memerhatikan tujuh poin di atas, niscaya customer tidak perlu khawatir akan mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya. Karena itu, cermat dalam memilih adalah kunci untuk meraih keuntungan melalui situs-situs belanja online di bulan yang penuh berkah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper