Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasar Otomotif Eropa Kembali Bergairah

Penjualan mobil di Eropa naik 9% pada April.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 13 Mei 2016  |  20:43 WIB

Bisnis.com, BRUSSELS—Penjualan mobil di Eropa naik 9% pada April. Data industri otomotif di Benua Biru menunjukkan hampir semua produsen membukukan kenaikan penjualan dtermasuk Volkswagen meskipun masih menghadapi isu skandal kecurangan uji emisi mesin diesel.

Daftar registrasi mobil anyar di European Union and European Free Trade Association meningkat mencapai 1,3 juta mobil bulan lalu, menurut data Association of European Carmakers (ACEA) yang berbasis di Brussels.

"Ini adalah hasil tertinggi dalam hal volume sejak April 2008, tepat sebelum krisis ekonomi melanda industri otomotif,” kata asosiasi industry di sana dalam keteranagn resminya yang dikutip Reuters, Jumat (13/5).

Permintaan terhadap mobil baru telah berkembang di sana setiap bulannya sebagai buah dari peningkatan kepercayaan konsumen, insentif di ritel dan peluncuran produk baru yang memikat pelanggan untuk mendatangi Showroom.

Pertumbuhan penjualan mobil di Eropa pada April tak terlepas dari raihan penjualan Daimler dan BMW yang masing-masing naik 21,6% dan 11,7% berkat popularitas merek Mercedes dan MINI.

Pun demikian dengan Fiat Chysler Automobiles yang mengalami lonjakan 13,6%, didorong oleh penjualan yang kuat dari Jeep. Brand SUV kenamaan dunia itu naik 21,8% pada April.

Bahkan, grup Volkswagen sebagai produsen mobil terbesar di Eropa naik 5,3% dengan permintaan untuk merek inti yaitu VW yang kembali tumbuh 2,6% pada April.

Meski demikian, pangsa pasar grup Volkswagen merosot ke 25,4% dari 26,2% sebagai konsekuensi logis dari skandal kecurangan uji emisi mesin diesel.

Merek kenamaan asal Perancis pun tak mau ketinggalan. Peugeot Citroen dan Renault masing-masing mencatatkan penaikan sebesar 5,6% dan 5,3%. Pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, juga mencatatkan pertumbuhan 4%.

Sementara itu, Opel Group, divisi penjualan di Eropa dari pabrikan General Motors mencatatkan pertumbuhan 6,6%.

Penaikan penjualan yang signifikan terjadi di pasar utama yang dipimpin oleh Spanyol sebesar 21,2%, diikuti oleh Italia 11,5%.

Jika diakumulasi, dalam empat bulan pertama tahun ini, registrasi mobil anyar di Eropa naik 8,3% menjadi 5,25 juta kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar eropa penjualan mobil di eropa
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top