Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Tarik Kembali 2.700 Unit Model X SUV

Produsen mobil mewah Tesla Motors Inc. menarik kembali (recall) 2.700 unit model X SUV untuk dilakukan perbaikan pada kursi di baris ketiga setelah sejumlah pengujian yang dilakukan pihak produsen telah menemukan ada potensi masalah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil mewah Tesla Motors Inc. menarik kembali (recall) 2.700 unit model X SUV untuk dilakukan perbaikan pada kursi di baris ketiga setelah sejumlah pengujian yang dilakukan pihak produsen telah menemukan ada potensi masalah.

"Baru-baru ini, selama pengujian kekuatan kursi yang dilakukan sebelum dimulainya pengiriman model X di Eropa, kursi di baris ketiga model X tiba-tiba tergelincir," ungkap pihak perusahaan melalui sebuah email yang dikutip, Selasa (12/4/2016).

"Hingga penarikan kembali ini dilakukan, anda mungkin dapat memanfaatkan penggunaan seluruh kursi di model X milik anda, meski kami menyarankan untuk sementara waktu tidak memperbolehkan siapapun untuk duduk di kursi baris ketiga saat mobil tengah dikendarai."

Aksi recall ini merupakan masalah terbaru pada model X yang sempat 'diundur' penjualannya di pasar dikarenakan sejumlah masalah dengan kursi baris kedua yang dioperasikan secara independen dan pintu 'sayap elang' yang dapat dibuka secara vertikal.

Chief Executive Officer Tesla Motors, Elon Musk menyatakan bahwa sejumlah fitur unik menjadi hal yang sulit bagi para insinyur dan sangat bergantung pada pemasok komponen tersebut.

Penjualan sempat diundur dikarenakan kekurangan suku cadang akibat 'keangkuhan' Tesla dalam menambahkan terlalu banyak teknologi baru untuk model X.

Tesla mulai melakukan pengiriman model X pada September lalu setelah mengalami beberapa kali penundaan produksi. Tercatat, Tesla telah mengirim 2.400 model SUV tersebut pada kurtal pertama tahun ini.

Penarikan kembali model X ini telah dilakukan untuk kendaraan yang diproduksi sebelum 26 Maret. Produsen mobil listrik ini kini tengah memproduksi bagian punggung yang baru untuk kursi baris ketiga dan berharap dapat mengganti seluruhnya dalam kurun waktu 5 pekan.

"Penarikan kembali model X adalah bentuk kehati-hatian perusahaan bagi para konsumen kami," ungkap Jon McNeil, President of Sales and Service Tesla.

McNeil menambahkan bahwa produksi Model X masih berjalan dan penarikan kembali ini tidak akan mempengaruhi tingkat produksi. Sebelumnya pada November lalu, Tesla telah melakukan aksi recall untuk 90 ribu unit Model S untuk melakukan pemeriksaan ulang sabuk pengaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler