Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kia Kembangkan Mobil Otomatis. Begini Teknologinya

Kia Motors memperkenalkan teknologi Drive Wise sebagai cikal bakal mobil masa depan dengan fitur mengemudi otomatis.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 07 Januari 2016  |  21:33 WIB
Teknologi Drive Wise Kia - kianewscenter.com
Teknologi Drive Wise Kia - kianewscenter.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kia Motors memperkenalkan teknologi Drive Wise sebagai cikal bakal mobil masa depan dengan fitur mengemudi otomatis. Mau tau seperti apa teknologinya, simak ini.

Di kutip dari siaran pers PT Kia Mobil Indonesia, Kamis (7/1), teknologi tersebut dipublikasikan Kia Motors pada ajang Consumer Electric Show 2016 di Las Vegas pada 6-9 Januari 2016.

Teknologi itu mencakup Highway Autonomous Driving, Urban Autonomous Driving, Preceding Vehicle Following, Emergency Stop System, Traffic Jam Assist dan Autonomous Parking & Out Function.

Highway Autonomous Driving (HAD) berfungsi sebagai kombinasi radar dan sistem deteksi kamera untuk menafsirkan marka jalan. HAD memungkinkan mobil untuk tetap di jalur atau beralih ke jalur lain untuk mendahului kendaraan lain atau bahkan mengikuti jalan yang berbeda, semua tanpa arahan pengemudi.

Urban Autonomous Driving (UAD) mengaplikasikan GPS dan sensor untuk mengidentifikasi posisi mobil di depan, dan memungkinkan untuk menavigasi secara aman melalui lingkungan perkotaan yang padat dalam menanggapi situasi lalu lintas terkini.

Preceding Vehicle Following (PVF) merupakan penyempurnaan sistem jalur tetap yang mengawasi kendaraan di depannya dan mengizinkan kendaraan untuk menghitung jalan dalam kondisi seperti menjaga jarak aman jika marka jalan yang tak terbaca karena kondisi buruk atau tata letak jalan.

Emergency Stop System (ESS) beroperasi bersamaan dengan sistem Driver Status Monitoring (DSM) dari Kia untuk menganalisa wajah pengemudi. Teknologi ini memastikan perhatian mereka tidak menyimpang dari jalan terlalu lama.

Jika terdeteksi bahwa pengemudi menjauhi mata mereka dari jalan dalam waktu terlalu lama, ESS dapat secara otomatis mengarahkan mobil ke sisi samping jalur yang tepat dan memberhentikan kendaraan.

Traffic Jam Assist (TJA) bertujuan untuk memantau kendaraan di depan saat kondisi lalu lintas padat, sehingga dapat menjaga jarak aman dari kendaran di depan dan pindah ke jalur yang tepat untuk mendapatkan jalan.

Autonomous Valet Parking mengizinkan pengemudi untuk keluar dari mobil dan membiarkan kendaraan itu memarkir sendiri dengan menggunakan smart key atau smartwatch

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif kia
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top