Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Movie Cars di IIMS 2015

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta lalu masih menyisakan beragam cerita menarik untuk diulik. Tak hanya memamerkan sejumlah mobil baru, IIMS juga menampilkan beberapa mobil unik.
Batmobile yang digunakan oleh Michael Keaton dalam perannya sebagai tokoh utama, konon modifikasi dari mobil Chevrolet Impala yang muncul dalam film Batman (1989) dan Batman Return (1992)./highsnobiety.com
Batmobile yang digunakan oleh Michael Keaton dalam perannya sebagai tokoh utama, konon modifikasi dari mobil Chevrolet Impala yang muncul dalam film Batman (1989) dan Batman Return (1992)./highsnobiety.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta lalu masih menyisakan beragam cerita menarik untuk diulik. Tak hanya memamerkan sejumlah mobil baru yang siap menjadi milik para pelanggan, IIMS juga menampilkan beberapa mobil unik.

Mobil unik tersebut antara lain kendaraan para tokoh utama di film-film Hollywood, mobil yang pernah dikendarai dua presiden pertama di Indonesia dan lainnya. Beragam mobil unik tersebut mendapat tempat istimewa yang tersebar di empat Hall, Gedung Niaga, JIExpo.

"Ini salah satu perbedaan IIMS sekarang dengan sebelumnya, memadukan unsur bisnis dan budaya otomotif sesuai tagline baru the Essence of Motor Show," kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam keterangan resminya.

Selain itu tujuan adanya berbagai kendaraan movie cars ini diharapkan dapat mengobati kerinduan para pecinta film dan juga menginspirasi serta memancing kreativitas para pemodifikasi mobil muda di Indonesia. Berikut sekilas tentang mobil unik digelaran ini.

Pertama, ada kendaraan bersayap yang tampak gagah dari serial film Batman yakni Batmobile. Mobil yang dibeli oleh pihak penyelenggara IIMS 2015 yakni Dyandra ini berkisar Rp4 miliar dan langsung didatangkan dari salah satu museum di Negeri Paman Sam.

Mobil Batman replika 1:1 tersebut merupakan koleksi salah satu museum di sana yang dibuat dengan detail sempurna dan menyerupai aslinya. Tak hanya itu, penyelenggara juga menyusun suasana  panggung untuk Batmobile penuh dengan romansa kegelapan supaya memberikan efek emosional seperti dalam filmnya.

Batmobile yang digunakan oleh Michael Keaton dalam perannya sebagai tokoh utama, konon modifikasi dari mobil Chevrolet Impala yang muncul dalam film Batman (1989) dan Batman Return (1992).

Kemudian masih di Hall yang sama dengan Batmobile, ada mobil keren buatan Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel dalam film aksi The Fast and Furious yakni Dodge Charger R/T. Muscle car 1970 tersebut muncul dalam empat dari tujuh sekual yang sukses mencuri perhatian dunia.

Mobil ini diproduksi oleh Chrysler corporation tahun 1969, yang hanya memiliki dua pintu atau coupe. Dodge Charger R/T memiliki mesin V8 magnum 440 yang dimodifikasi, dan mempunyai tenaga sampai 900 hp. Mobil tersebut juga dilengkapi dengan supercharger, nitros oxide, dan full roll cage.

Selanjunya, ada yang terpampang mewah di paling ujung Hall D, yakni Pontiac Firebird Trans Am. Mobil keluaran 1986 yang digunakan dalam serial televisi Knight Rider ini sangat populer dan banyak menjadi super inspirasi modifikasi kala itu.

Mobil pintar yang digunakan David Hasselhoff untuk menumpas kejahatan ini memiliki mesin V8. 5.0 liter dengan penggerak roda belakang. Mobil ini dilengkapi dengan bodi kit dengan tampilan yang runcing, scissor doors dan yoke-style steering wheel yang juga kerap digunakan para pemodifikasi

Tak hanya itu, hadir juga mobil ajaib dalam film Harry Potter. Mobil Ford Anglia warna biru muda tampil unik di atas batang-batang pohon. Mobil ini milik ayah Ron Weasly yang diperankan oleh Rupert Grint dan pernah berjasa dalam beberapa adegan.

Salah satunya pernah menyelamatkan Harry Potter yang diperankan oleh Danial Radcliffe dari rumah pamannya. Juga pernah mengantar keduanya menuju sekolah sihir Hogwarts. Mobil ini memiliki kemampuan seperti terbang, melaju tanpa bahan bakar dan menghilang yang tentu bisa terjadi dalam dunia sihir.

Kemudian, ada mobil Dodge Charger milik General Lee dalam serial televisi berjudul Dukes of Hazzard yang populer tahun 1990 an. Dalam film aslinya, mobil ini menggunakan mesin 440 Magnum V8 dengan tenaga 375 tk. Namun, untuk mendapat tenaga yang lebih besar mesin digantikan dengan milik Chrysler 426 Hemi Charger.

Spesifikasi khusus pun diterapkan guna menunjang sisi safety saat pembuatan film seperti pemasangan roll cage dan pelek 14 inci dengan lebar 7. Mobil ini dipakai sebagai kendaraan harian keluarga Dukes dan sering terlibat dalam adegan kejar-kejaran dengan polisi.

Selanjutnya ada mobil Nicolas Cage dan Angelina Jolie dalam film Gone in 60 Second yang tampil elegan. Replika Eleanor atau mobil yang diproduksi tahun 1967 ini menggunakan mesin Ford Racing 351 CI Holley 700 CFM 4-barrel dengan transmisi 4 percepatan manual.

Mobil sedan sport dua pintu ini memiliki tenaga yang sudah tidak diragukan lagi. Mobil yang sudah 11 kali dibuat replika oleh Cinema Vehicle Service di Hollywood ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 306 tk. Mobil ini juga sudah masuk sebagai legenda muscle car Amerika.

Terakhir, ada ada mobil GMC Van yang digunakan para agen rahasia dalam film The A-Team yang populer pada tahun 1990 an. GMC Van berwana hitam itu selalu menemani The A-Team dalam mengungkapkan kasus kejahatan.

Dari tanah air, siapa yang tak kenal salah satu kelompok komedi yang melegenda yakni Warkop DKI. Dalam salah satu film yang berjudul “Gengsi Dong”, Slamet yang diperankan oleh Dono memiliki sebuah mobil Pontiac Chieftain (Warkop DKI) buatan 1949.

Mobil tersebut digunakan untuk menemaninya pergi kuliah. Mobil yang banyak menarik pengunjung IIMS ini karena masih sesuai dengan aslinya dengan aksesoris berupa gigi hanoman yang terpasang lucu di bamper depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper