Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Hemat Bahan Bakar? Ini Tips Michelin Indonesia

Sebagai perusahaan ban terkemuka, Michelin memasarkan produk yang diklaim dapat efisien saat dipakai dalam mengonsumsi bahan bakar

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai perusahaan ban terkemuka, Michelin memasarkan produk yang diklaim dapat efisien saat dipakai dalam mengonsumsi bahan bakar.

Selain itu agar lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar, ada beberapa tips yang Bisnis kutip dari siaran pers Michelin Indonesia, Jumat (22/5).

  1. Berkendaralah dengan tenang. Terburu-buru hanya akan menyebabkan perbandingan antara akselerasi putaran ban dan mesin tidak sempurna sehingga boros bahan bakar dan terutama membahayakan keselamatan anda dan pemakai jalan lainnya.
  2. Pilih jalan yang relatif lancar sehingga anda tidak terjebak kemacetan dan kehilangan arah. Setiap 10 menit anda berputar mencari jalan, 13% bahan bakar terbuang percuma. Sementara jalan macet (30 menit/ 500 meter) bisa memboroskan pemakaian bahan bakar hingga 30% dari biasanya ketika jalan itu lengang.
  3. Pertahankan putaran mesin pada 1.500 rpm dan tingkatkan dengan maksimal 2.000 rpm secara bertahap untuk menghemat pemompaan bahan bakar.
  4. Memanaskan mesin di pagi hari lebih dari tiga menit berarti anda sudah membuang bahan bakar sebanyak 100cc. Bepergian jarak dekat yang kurang dari 1 km, pertimbangkan menggunakan moda transportasi umum atau bersepedalah.
  5. Periksa tekanan angin pada ban Anda, terutama ketika membawa beban muatan yang melebihi kapasitasnya. Ingat saja, semakin banyak permukaan ban Anda menempel ke lapisan jalan semakin besar hambatan putar yang terjadi. Perhatikan juga ban cadangan Anda, karena tekanan angin ban berkurang 2psi setiap bulan bahkan untuk ban yang tidak dipergunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper