Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Test Drive All New MINI Cooper S: Ketika Pengemudi Terkoneksi dengan Kendaraan

Bagi kebanyakan pengendara mobil, konektivitas adalah hal utama yang membuat "cita rasa" menyetir sebuah produk menjadi lebih nyaman dan bersahabat.
Model dalam kostum hallowen beraksi di depan MINI John Cooper Work Countryman yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (31/10/2013)/Bisnis-Endang Muchtar
Model dalam kostum hallowen beraksi di depan MINI John Cooper Work Countryman yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (31/10/2013)/Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com,  JAKARTA--Bagi kebanyakan pengendara mobil, konektivitas adalah hal utama yang membuat "cita rasa" menyetir sebuah produk menjadi lebih nyaman dan bersahabat.

Konektivitas diartikan sebagai keterhubungan sang pengendara dengan fitur pada mobil yang dikendarainya.

Seiring dengan pesatnya teknologi dalam industri otomtif, sebuah produk otomotif ikut juga memberikan konektivitas yang berkesinambungan dengan pengemudinya.

MINI Cooper S adalah salah satu dari sekian produk segmen hatchback yang memberikan keterhubungan sempurna antara pengemudi dan MINI yang dikendarai.

Saya diberi kesempatan oleh PT BMW Indonesia yang membawahi produk MINI Cooper di Indonesia untuk merasakan All New MINI Cooper S.

Menurut saya, model terbaru ini terbentuk oleh karakter lebih sempurna, memadukan kenyamanan berkendara, dan memiliki perbedaan dengan peningkatan fungsionalitas dan teknologi inovatif yang tersusun dengan cermat.

Sentuhan sporty yang menjadi kekhasan spesifik MINI Cooper S tergambar spesifik dari fitur seperti kisi-kisi radiator dengan pola yang menyerupai sarang lebah, strip bemper antrasit, pembukaan tambahan di bonet, saluran rem udara yang terintegrasi dalam asupan  udara yang lebih rendah, dan apron belakang yang terpisah dengan pipa knalpot yang dipasang di bagian tengah.

Dengan tampilan yang sangat sporty tersebut, produk ini juga terkoneksi dengan tampilan interiornya.  Kesan ini menjadi premium ketika struktur panel di dashboard mengikuti kokpit pesawat yang sangat berkesan premium.

Saya menemukan salah satu fitur, dimana kecepatan dan putaran mesin, bersama dengan informasi penting lain yang berhubungan dengan mengemudi, ditampilkan dalam gugusan instrumen rancangan baru pada kolom kemudi.

Penyisipan kunci, yang sebelumnya dibutuhkan, tidak lagi diperlukan di kokpit karena begitu kunci berada di dalam kendaraan, mesin dapat menyala dengan menekan tombol start/stop yang terletak di tengah.

Di atas tombol ini hadir tiga sakelar kendali melingkar untuk AC. Sakelar operasi untuk lampu depan dan lampu kabut juga telah diposisikan ulang dan terletak di gugusan instrumen sebelah kemudi.

Selain itu juga, atap kaca panorama, speaker Harman Kardon, dan roda kemudi John Cooper Works yang sporty hadir dalam balutan kulit.

Perpaduan antara interior yang mewah dan eksterior yang memikat menjadi modal awal saya terkoneksi dengan mobil ini.

Ketika hendak memacu MINI Cooper S, ada kesan berbeda dimana menunjukkan MINI Twin Power Turbo Technology berbeda dari sebelumnya.

All New MINI Cooper S didukung oleh mesin 4 silinder 2.0 liter dengan daya maksimum 192 tenaga kuda yang melesat antara 4.700 dan 6.000 rpm, menghantarkan torsi maksimum dari 280 Newton meter pada 1.250 rpm.

Ini yang membuat ketika saya berakselerasi dari nol sampai 100 km/jam dapat ditempuh dengan waktu 6,7 detik. Sementara konsumsi bahan bakar rata-rata MINI Cooper S terbaru adalah 19 km per liter.

Hal lain yang membuat koneksi pengendara nyaman adalah adanya mode sport yang kencang, mode mid yang standar, dan mode green yang efisien, disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

MINI Connected

Jodie O’tania, Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan inovasi teknologi yang tinggi mendorong terciptanya fitur baru yang disebut dengan MINI Connected.

“Inovasi teknologi yang menghubungkan MINI, sang pengemudi dan dunia luar menciptakan cara-cara baru dalam meningkatkan kenikmatan berkendara, dengan fungsi yang memberikankenyamanan serta menyediakan layanan terbaru di bidang in-car infotainment," ujarnya pekan lalu.

Menurutnya, sejak diluncurkan, MINI Connected telah menjadi pemimpin dalam menyediakan fasilitas entertainment di dalam mobil.  Semua fungsi dioperasikan melalui MINI Controller.

Beragam keunggulan dari MINI Connected, diantaranya layanan media sosial telah terintegrasi penuh dengan kendaraan. Selain itu, MINI Connected menggunakan data smart phone milik pengemudi, yang berarti tidak ada pendaftaran jaringan tambahan yang diperlukan.

Berbagai fungsi yang dapat diintegrasikan dengan all-new MINI melalui aplikasi jejaring sosial dan hiburan kini tersedia untuk iPhone Apple dan smartphone dengan sistem operasi Android.

Program MINI Connected yang tersedia melalui aplikasi smartphone diantaranya adalah Mission Control, Dynamic Music, Driving Excitement dan MINIMALISM Analyser, serta layanan berbasis online seperti fungsi radio web, Facebook, Twitter, Foursquare, penerimaan feed berita RSS dan fitur hiburan seperti AUPEO dan Tune In.

Dengan semua paparan tersebut, sangatlah tepat jika MINI Cooper S adalah mobil yang terkoneksi dengan pengemudi. Mulai dari koneksi kenyamanan, koneksi hiburan, hingga koneksi tentang mood pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper