Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duet Anggun MPV Premium

Senin siang 27 Maret 2015 dewan direksi PT Toyota Astra Motor (TAM) terlihat spesial. Menggunakan setelan jas berwarna gelap membungkus kemeja putih elegan, mereka siap meluncurkan segmen MPV mewah andalan, All New Vellfire dan All New Alphard.
Direksi Toyota Astra Motor meluncurkan segmen MPV mewah andalan, All New Vellfire dan All New Alphard./Antara
Direksi Toyota Astra Motor meluncurkan segmen MPV mewah andalan, All New Vellfire dan All New Alphard./Antara

Senin siang 27 Maret 2015 dewan direksi PT Toyota Astra Motor (TAM) terlihat ‘spesial’. Menggunakan setelan jas berwarna gelap membungkus kemeja putih elegan, mereka siap meluncurkan segmen MPV mewah andalan, All New Vellfire dan All New Alphard.

Biasanya dalam peluncuran mobil Toyota lainnya, board of director (BOD) PT TAM selalu mengenakan setelan batik. Kali itu setelan jas digunakan untuk menggambarkan bahwa kedua mobil tersebut tergolong dalam kendaraan mewah dan prestisius.

MPV mewah andalan Toyota tersebut merupakan generasi ketiga sebagai produk global yang pertama kali diperkenalkan di Jepang awal tahun lalu. Awalnya TAM hanya memasarkan Alphard di Indonesia.

Adapun Vellfire didapatkan konsumen Tanah Air selama ini dari importir umum. Wakil Presiden Direktur PT TAM Suparno Djasmin mengklaim, Vellfire resmi dipasarkan pihaknya atas ‘desakan’ konsumen.

“All New Alphard dan All New Vellfire didesain dalam konsep grandeluxe  yang menawarkan kualitas dan kemewahan tertinggi dalam segala tampilan dan peralatannya,” katanya dalam peluncuran kendaraan tersebut.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, sejumlah perubahan mendasar dilakukan yaitu pada sistem suspensi dan mesin baru. Dimensi pun lebih luas dengan fitur interior lebih komplit serta dilengkapi peralatan navigasi.

Mesin 2.4 kini digantikan dengan 2.5. Hal itu diklaim dapat meningkatkan performa, tapi di sisi lain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar hingga 15%. Sementara itu varian tertinggi memiliki kapasitas dapur pacu hingga 3.500 cc.

Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo membeberkan saat ini pihaknya memasarkan empat tipe berbeda. Alphard 2.5 X sebagai varian terendah dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp830 juta.

Alphard 2.5 G Rp980 juta, Vellfire 2.5G Rp980 juta, dan varian tertinggi Alphard 3.5 Q Rp1,53 miliar. Menurut dia, Vellfire hadir untuk menyasar konsumen yang berjiwa muda dan ingin tampil sporty serta elegan.

“Saat mengendarai kendaraan ini akan serasa dalam first class kurang lebih gambarannya seperti itu,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Untuk varian G dan X dihadirkan dengan balutan interior berklir krem (baige), sedangkan tipe Q dibalut warna hitam. Semua varian dibubuhi balutan kulit pada
seluruh jok dan beberapa aksen kayu di bagian interior tertentu guna menambah kesan elegan.

Lampu luminasi dalam kabin ditawarkan hingga 16 pilihan pencahayaan dan warna. Semua tipe Alphard dilengkapi pula tirai penutup jendela tambahan di baris kedua. Pengaturan panel pun tersedia di jok pada baris kedua untuk mengatur kenyamanan duduk dan level kedinginan atau kehangatan udara.

Pada audio menggunakan JBL, layar sentuh, dapat memutar DVD, CD, serta radio. Perangkat keras lain pun tersedia seperti MP3 Player, konektivitas terhadap iPod, atau iPhone bisa dilakukan melalui port AUX in.

Pada bagian belakang terdapat monitor 9 inci dengan pemutar digital Blu-Ray yang bisa memutar file dari SD Card. Seluruh tayangan pada monitor tersebut disokong oleh 17 speaker dari JBL.

Pintu belakang sudah otomatis sehingga bisa membuka dan menutup dengan menekan tombol. Untuk fitur kemanan Alphard terbaru sudah dilengkapi dengan 7 kantong udara, Vehicle Stability Control, dan sensor sonar di bagian depan dan belakang,

Sedangkan Vellfire terbaru perbedaannya terletak pada kelengkapan empat kamera di masing-masing sisi bodi. Dengan kelengkapan itu dapat menampilkan gambar 360 derajat disekeliling mobil. Vellfire terbaru pun mendapat sentuhan warna hitam pada interior seperti varian Alphard titertinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper