Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MOBIL: Toyota Ingin Kembali Kuasai Segmen City Car

PT Toyota Astra Motor ingin kembali menguasai pasar city car pada tahun ini dengan meluncurkan Etios Valco Toms, sehingga target penjualan minimal di segmen itu ditingkatkan menjadi 800 unit per bulan
Sedan Etios/Indiancarbikes.in
Sedan Etios/Indiancarbikes.in

Bisnis.com, JAKARTA— PT Toyota Astra Motor ingin kembali menguasai pasar city car pada tahun ini dengan meluncurkan Etios Valco Tom’s, sehingga target penjualan minimal di segmen itu ditingkatkan menjadi 800 unit per bulan.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat pertama dipasarkan pada 2013 penjualan Etios Valco langsung melejit karena terjual mencapai 12.747 unit dan menempati penjualan terbanyak di segmennya.

Jumlah penjualan pada 2013 tersebut membuat Etios Valco menguasai pangsa pasar sekitar 21,4% dari total pasar di segmen city car yang mencapai 59.417 unit. Tahun lalu penjualan Etios Valco menurun menjadi 10.041 unit.

Jumlah tersebut membuatnya menguasai sekitar 22,6% pangsa dari total pasar yang mencapai 44.455 unit. Raihan tersebut menempatkan Etios Valco sebagai penjualan terbanyak kedua di segmen city car.

Penjualan terbanyak pertama disumbangkan Honda Brio yang mencapai 12.010 unit. Sedangkan peringkat ketiga, keempat, dan kelima secara berturut-turut adalah Nissan March 6.110 unit, Mitsubishi Mirage 5.373 unit serat KIA Picanto 3.716 unit.  

Pada Januari 2015 penjualan wholesales Etios Valco mencapai 766 unit. Dengan raihan tersebut, andalan Toyota di segmen city car itu menguasai sekitar  23,5% pangsa pasar dari total penjualan 3.256 unit.

Jumlah penjualan pada Januari tersebut masih menempatkan Etios Valco di peringkat kedua penjualan terbanyak setelah Honda Brio yang sebanyak 1.110 unit. Di peringkat berikutnya secara berturut-turut Etios Valco dibayang-bayangi  Mitsubishi Mirage dengan 721 unit, Suzuki Splash 215 unit, Daihatsu Sirion 193 unit dan Kia Picanto sebanyak 187 unit.

Keinginan PT Toyota Astra Motor (TAM) memperluas pasar di segmen city car tampak serius, karena pada akhir Januari lalu Etios Valco pun sudah mengalami penyegaran.

“Dengan hadirnya varian baru kami harapkan Etios dapat kembali memimpin pasar di segmennya,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo kepada Bisnis.

Samulo mengatakan, Etios Valco Tom’s diharapkan dapat memperkuat pasar dengan menyasar konsumen yang menyukai tampilan sporty. Dengan hadirnya varian terbaru dapat membangkitkan kembali gairah pasar di segmen city car.

Dia mengakui jika dalam kurun waktu dua tahun terakhir pasar city car terus tergerus. Bahkan total penjualan city car pada Januari 2015 turun hampir 37% dari periode yang sama pada 2014 yang mencapai 5.168 unit.

Menurutnya, selain karena pelambatan ekonomi hal tersebut terjadi akibat pasar yang begitu rapat. Segmen city car harus bersaing dengan pasar segmen lain seperti low cost green car (LCGC) karena memiliki ukuran yang sama.

Dari segi harga, city car berhadapan langsung dengan segmen low multi purpose vehicle (LMPV). “Jadi kemungkinan pasar yang bergeser itu ada,” ujarnya.

Untuk itu dia mengklaim produk barunya tersebut lebih menyasar pasar anak muda atau yang ingin tampil lebih muda dengan kendaraan kompak.

Dengan adanya varian Tom’s, saat ini TAM memasarkan empat varian Etios Valco. Selain Tom’s ada pula varian G, E dan JX. Sebelum kehadiran Tom’s, varian G berkontribusi sekitar 58% terhadap penjualan.

“Untuk varian baru Tom’s besaran kontribusinya belum terlihat. Kami harus melihat respon pasar ke depan,” ucapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper