Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS OTOMOTIF: Cara Pandang Mata yang Benar Saat Nyetir

Selama duduk di belakang kemudi kendaraan, baik mobil, motor bahkan bus, ketelitian mata sangat krusial bahkan bisa menjadi penentu reflek Anda guna menghindari kecelakaan.
Menggunakan ponsel saat mengemudi bisa membuat celaka./carconnection
Menggunakan ponsel saat mengemudi bisa membuat celaka./carconnection

Bisnis.com, JAKARTA—Selama duduk di belakang kemudi kendaraan, baik mobil, motor bahkan bus, ketelitian mata sangat krusial bahkan bisa menjadi penentu reflek Anda guna menghindari kecelakaan.

Tidak hanya kepiawaian dalam memperhitungkan jarak yang dibutuhkan seorang pengendara, kepekaan pandangan mata juga penting. Manakala pandangan jeli, Anda dapat memposisikan kendaraan secara tepat sehingga resiko kecelakaan tereduksi.

Laman daring resmi PT Toyota Astra Motor, toyota.co.id akhir pekan ini, menyebutkan beberapa cara melatih pengelihatan Anda di jalan raya. Apa saja sih? Simak berikut ini :

-  Arahkan pandangan jauh ke depan secara menyeluruh saat kendaraan mulai melaju. Ini bertujuan agar Anda sadar dengan setiap perubahan yang terjadi di badan jalan.

-  Ketika sedang beriringan dengan kendaraan lain, arahkan pandangan mata meluas ke kiri dan ke kanan. Usahakan menghilangkan rintangan yang bisa mengganggu pandangan.

-  Jika Anda berada di persimpangan jalan, arah pandangan harus berpindah. Perhatikan pula pergerakan para pengguna jalan lain di sekeliling Anda.

-  Saat kendaraan bergerak mundur dan hendak belok, pandangan harus mengamati sekitar lokasi yang dituju begitu pula ketika mau memarkir kendaraan.

-  Di tengah daerah yang ramai agar tak mencelakakan pejalan kaki, misalnya, maka cermati titik titik keramaian yang ada. Pastikan jarak aman kendaraan dengan titik itu maupun dengan kendaraan lain.

Pada dasarnya jam terbang alias pengalaman tidak bohong. Semakin sering Anda nyetir di berbagai situasi jalan berbeda, adaptasi yang dilakukan dengan sendirinya akan menambah pengalaman. Salah satu hal terpenting lain untuk mendukung kecermatan mata adalah reflek yang baik dan tidak panik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper