Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Michelin Perluas Pasar Ban Motor Sport

PT Michelin Indonesia serius garap pasar ban radial untuk sepeda motor segmen sport dengan mengeluarkan ukuran baru varian ban Pilot Street Radial

Bisnis.com, JAKARTA—PT Michelin Indonesia serius garap pasar ban radial untuk sepeda motor segmen sport dengan mengeluarkan ukuran baru varian ban Pilot Street Radial.

Saat ini, ukuran varian ban Pilot Street Radial yang sudah dipasarkan pabrikan asal Perancis itu mulai dari ukuran 110/70, 130/70 dan 140/70. Varian ban Pilot Street Radial terbaru diperuntukan bagi ring 17 dengan ukuran 120/70, 150/60 dan 160/60.

Usaha tersebut dilakukan Michelin mengingat pasar sepeda motor di Indonesia khususnya segmen sport yang terus bertumbuh. Merujuk data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor segmen sport pada 2014 mencapai 1,106 juta unit.

Jumlah tersebut setara 13,99% dari total pasar sepeda motor yang mencapai 7,9 juta unit. Jumlah penjualan sepeda motor segmen sport itu naik tipis dari tahun sebelumnya yang mencapai 1,101 juta unit, atau setara 14,18% dari total pasar yang mencapai 7,7 juta unit.

Data internal PT Michelin Indonesia menyebut, saat ini populasi sepeda motor segmen sport yang berpotensi sebagai pengguna ban radial baru sekitar 10%. Sedangkan sisanya masih menggunakan ban bias. Meski demikian, Michelin tidak menyebut persentase target pasar yang dibidik.

“Dengan berbagai keunggulannya, ban radial merupakan pilihan terbaik untuk menunjang mobilitas yang lebih baik dan aman,” kata Country of Sales and Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, Minggu (25/1).

Menurut Bayu, perbedaan utama antara ban radial dan bias terletak pada kontruksinya. Ban radial menggunakan lapisan serat baja, sementara ban bias memakai serat nilon. Perbedaan bahan kontruksi tersebut diklaim memiliki dampak yang sangat signifikan.

Saat beradu dengan jalan, dinding ban radial yang lebih fleksibel mampu mencengkram dengan erat. Tapak ban yang lebar membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama ketika berbelok.

Di sisi lain tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi maksimal. Hal ini menghasilkan gesekan yang merata pada permukaan ban. Akibatnya, pemakaian ban radial bisa lebih lama.

Selain itu ban radial memberikan tingkat keamanan pada kecepatan tinggi, karena sisi ban dapat meredam tekstur permukaan jalan. Lapisan kawat yang terjalin secara bersambung diseputar puncak terluar ban radial pun membuatnya tetap stabil dan tahan lama saat dipacu.

Menurut dia, ban radial memang dirancang khusus sebagai ban untuk sepeda motor segmen sport. Ban radial setidaknya menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, serta daya tahan yang lebih baik  sehingga menghasilkan kenyamanan dalam berkendara.

Bayu mengklaim, produknya tersebut sangat cocok dengan kondisi jalanan dan cuaca di Indonesia. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan lembaga independen Maua Institute of Technology di Brazil, Michelin Pilot Street Radial memiliki daya tahan 30% lebih tinggi dari produk ban motor radial single compound lainnya.

Sementara itu hasil tes yang dilakukan DEKRA, Global Test Center di Eropa menyatakan bahwa Michelin Pilot Street Radial memiliki wet grip terbaik diantara ban yang pernah diuji. Pasalnya, ban ini menggunakan polister High Modulus Low Shringkage (HMLS). Selain itu ditunjang dengan bahan baku mencakup 100% komponen silica.

Untuk memperluas pasar, saat ini Michelin memiliki  enam distributor utama yang mampu mendistribusikan produknya merata ke seluruh Indonesia. Selain itu Michelin pun didukung lebih dari 500 toko untuk membantu distribusi ban sepeda motor.

Tahun ini pun Michelin mengklaim akan terus menambah varian ban radial bagi sepeda motor. Akan tetapi produk dan jumlahnya belum bisa diinfokan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper