Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Honda HR-V Elegan Dalam Ketangguhan

Mobil di jaman modern diciptakan bukan sekadar sebagai alat transportasi. Tapi dirancang guna mencerminkan karakter sang pemilik. Kesan muda, sporty, tangguh, dan elegan, mungkin itulah yang ingin digambarkan Honda HR-V bagi pengendaranya.nn
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  12:40 WIB
HR-V dilengkapi denngan ABS, EBD, dan BA.  - Bisnis.com
HR-V dilengkapi denngan ABS, EBD, dan BA. - Bisnis.com

Bisnis.com, Sebuah mobil di jaman modern diciptakan bukan sekedar sebagai alat transportasi. Tapi juga dirancang guna mencerminkan karakter sang pemilik. Kesan muda, sporty, tangguh, namun elegan, mungkin itulah yang ingin digambarkan mobil Honda HR-V bagi pengendaranya.

Pada September 2014 ajang otomotif terbesar se Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show di gelar di Jakarta. Saat itu pula HR-V pertama kali dikenalkan pada konsumen otomotif Indonesia. Kehadirannya di booth Honda sontak menyedot perhatian pengunjung ribuan pengunjung.

“Ini merupakan kendaraan pertama Honda di Indonesia di segmen crossover utility vehicle (CUV). Kendaraan ini dihadirkan bagi konsumen berjiwa petualang serta selalu aktif. Namun di sisi lain tetap ingin menjaga penampilan,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy kala itu.

Ketangguhan dan sporty tercermin dari bodi kendaraan yang terkesan ramping namun berotot. Hal ini terlihat dari ukuran HR-V yang ramping dengan garis tegas pada bodinya. Kendaraan ini dklaim Honda didukung dengan teknologi inovatif untuk menunjang kesenangan dalam berkendara.

Dari segi performa, HR-V di Indonesia hadir dalam dua varian mesin yang berbeda. Mesin 1.5L SOHC i-VTEC memiliki kekuatan maksimal 120 ps pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 14,8 kg.m pada 4.600 rpm. Sedangkan dapur pacu 1.8L SOHC i-VTEC menghasilkan tenaga sebesar 139 ps pada 6.500 rpm dngan torsi maksimal 17,2 kg.m pada 4.300 rpm.

Anda bisa membayangkan ketangguhan kedua varian mesin tersebut. Namun di sisi lain teknologi CVT dengan earth dreams technology menghasilkan akselerasi yang lebih responsive dan halus, serta tetap hemat bahan bakar.

Di dalam kabin, pengendara dikondisikan dalam keadaaan yang disebut Honda comfort in mind. Hal ini karena ditunjang tampilan yang ciamik pada interior HR-V. Kendaraan ini dilengkapi dengan power panoramic sunroof. Console box dirancang lebih tinggi untuk meningkatkan kenyamanan dan kesan elegan bagaikan sebuah coupe.

Beberapa bagian interior salah satunya soft pad dilengkapi bahan dari kulit pilihan dalam menambah kesan mewah. Tilt telescopic steering memudahkan pengaturan posisi kemudi saat melaju. Rancangan flat floor dan bagian belakang kursi depan memberikan kenyamanan ruang kaki yang luas layaknya SUV premium.

Kursi baris kedua mudah diatur dan dikondisikan sehingga lebih fleksibel saat pengguna membutuhkan ruangan dalam menyimpan barang atau pun tempat beristirahat. Dari segi keamanan, Honda tak perlu diragukan. Kurang rasanya jika kendaraan tangguh tak dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni.

HR-V difasilitasi dengan kantung udara yang lengkap. Untuk perlindungan yang menyeluruh hingga baris kedua, HR-V dilengkapi dengan dual front SRS airbags, side airbags, serta side curtain airbags. HR-V pun menggabungkan teknologi keselamatan electric power steering dan vehicle stability assist untuk mencegah gejala oversteer atau pun understeer.

Dalam teknologi pengereman, HR-V dilengkapi denngan ABS, EBD, dan BA. Sehingga saat pengereman mendadak lebih efektif dan optimal tanpa merusak performa kendaraan. Masih banyak fitur keselamatan lain yang ditawarkan HR-V, termasuk perlindungan keselamatan pejalan kaki jika tertabrak karena rancangan bagian depan kendaraan tersebut yang mumpuni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif honda
Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top