Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Perluas Pasar City Car, Bidik Penjualan 7.500 Unit

Mitsubishi memperkuat dan melebarkan sayap di pasar kendaraan segmen city car dengan meluncurkan New Mirage dan New Mirage Sport yang ditargetkan meraih penjualan hingga 7.500 unit tahun ini
Mitsubishi Mirage/Jibi
Mitsubishi Mirage/Jibi

Bisnis.com, BOGOR - Mitsubishi memperkuat dan melebarkan sayap di pasar kendaraan segmen city car dengan meluncurkan New Mirage dan New Mirage Sport yang ditargetkan meraih penjualan hingga 7.500 unit tahun ini.

Pasar city car segmen A sebenarnya pada tahun lalu mengalami penurunan penjualan jika dibandingkan dengan capaian pada 2013. Sebabnya, pasar kendaraan di segmen tersebut ikut terimbas pelambatan ekonomi.

Di sisi lain, dari informasi yang dihimpun Bisnis, kehadiran kendaraan segmen low cost green car (LCGC) sejak akhir 2013 ikut mengambil sedikit pasar city car segmen A tersebut.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2012 saat Mirage mulai mengaspal di Tanah Air penjualan city car segmen A secara wholesales mencapai 42.442 unit.

Saat itu segmen city car berkontribusi sekitar 3,8% terhadap total pasar mobil yang mencapai 1,116 juta unit. Pada tahun yang sama Mirage yang dipasarkan sejak Agustus terjual mencapai 3.164 unit, atau setara dengan 7,5% dari total pasar city car.

Pada 2013 total pasar city car mencapai 59.111 unit dengan kontribusi Mirage sekitar 10,5% atau sebanyak 6.183 unit. Pada tahun itu segmen city car berkontribusi sekitar 4,8% terhadap total pasar mobil yang mencapai 1,229 juta unit.

Data terakhir Gaikindo pada periode Januari-November 2014 menyebut pasar city car sudah mencapai 41.926 unit dan Mirage terjual sekitar 5.189 unit. Merujuk data internal KTB, sepanjang 2014 Mirage terjual mencapai 6.233 atau menguasai 14% pasar city car segmen A.

Di pasar city car segmen A, dua produk baru Mirage bersaing dengan setidaknya 9 kompetitor semacam Honda Brio, Toyota Etios, dan Nissan March. Meski KTB mengamini pasar mobil tahun ini cenderung stagnan, pabrikan asal Jepang itu optimistis tahun ini dengan sokongan dua Mirage terbaru pasar city car mereka akan bertumbuh.

“Tahun lalu LCGC memang tumbuh karena kelebihannya yang bebas pajak. Tapi tahun ini kami perkirakan pasarnya akan stagnan. Masyarakat akan cenderung pindah ke city car segmen A dengan kelebihan fitur dan kenyamanan yang tidak ada pada LCGC,” kata Executive General Manager PT KTB Kosei Tamaki, Senin (19/1).

Optimisme KTB tersebut tak lepas dari Mirage terbaru yang dipersiapkan memperluas pasar dengan menyasar pasar baru yakni kalangan anak muda seperti pelajar dan mahasiswa dengan varian Sport.

Menurut Operating General Manager of MMC Marketing Division PT KTB Duljatmono, Mirage edisi lama hanya menyasar konsumen anak muda atau pasangan muda dengan rentang umur 27 tahun hingga 35 tahun. Rencananya New Mirage ditargetkan terjual 525 unit dan New Mirage Sport 100 unit per bulan.

“Dengan adanya varian sporty diharapkan menarik pasar yang belum kami garap sebelumnya. Kami pun berharap ini memperluas pasar. Pasar city car tahun ini tidak akan jauh beda dari tahun lalu, sehingga New Mirage dapat naik share-nya,” ujar Duljatmono.

Mirage yang sejak 2012 sudah terjual lebih dari 14.000 unit, tahun ini memang mengalami banyak perubahan dari segi interior dan eksterior.

Imam Chaoeru Cahya, Opening General Manager MMC Marketing Division PT KTB mengatakan, New Mirage Sport dirancang dengan karakter lebih muda dengan penambahan kelengkapan dan sentuhan racing pada desainnya.

Pada bagian eksterior terlihat dari tampilan bemper depan dan belakang dengan tambahan body kit, dan spoiler tengah. Bemper depan pun dilengkapi lampu kabut dan daytime running lights (DRL). Seluruh jendela samping dilengkapi pula talang air.

Selain itu, sayap belakang (rear spoiler) dengan desain baru dilengkapi lampu rem. Untuk menambah kesan sporty, bagian sisi bodi New Mirage Sport dilengkapi dengan stiker tiga warna yang memberi kesan dinamis.

Pada New Mirage perubahan terjadi pada antena yang semula panjang kini lebih pendek yang diletakan di atap tengah belakang. Kaca spion pun sudah dilengkapi dengan fitur penekuk otomatis, Selain itu, semua varian Mirage terbaru memiliki ujung knalpot berlapis krom.

Untuk interior, panel instrumen di bawah lingkar kemudi dilengkapi dengan ruang penyimpanan. Aksen krom di panel tengah, pada AC dan audio memberikan kesan mewah pada kabin. Tuas transmisi dilengkapi pula dengan lampu, sehingga pergantian level transmisi lebih terlihat.

Dari segi keselamatan penumpang, New Mirage dilengkapi sabuk pengaman tiga titik dengan pengatur tekanan dan dua kantong udara di bagian depan. Meski demikian, kendaraan tersebut tidak mengalami perubahan mesin yang tetap mampu mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk 20-24 km jarak tempuh.

Produk baru tersebut dibanderol dengan harga Rp148 juta hingga 177 juta on the road Jakarta. “Mesin tidak kami ubah, sama seperti yang lama. Karena mesin masih unggul dalam efisiensi bahan bakar dan eco friendly,” ucap Imam.  


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper